foto: sciencemag.org

Tahukah Anda, Kalau 25 April Hari Malaria Sedunia?

hari malaria sedunia
hari malaria sedunia (foto: sciencemag.org)

INSPIRADATA. Ditetapkan oleh World Health Assembly (WHA), setiap tanggal 25 April merupakan Hari Malaria sedunia. Penetapan tersebut diratifikasi pada 23 Mei 2007 di Jenewa, Swiss dengan dihadiri oleh 192 negara WHO.

Hari Malaria Sedunia ini, bertepatan dengan Deklarasai Abuja yang terjadi pada tanggal 25 April 2001 oleh negara-negara endemik malaria. Deklarasi Abuja merupakan persetujuan beberapa negara di Afrika untuk mengalokasikan APBN setidaknya 15 persen untuk meningkatkan kesehatan warga negaranya.

BACA JUGA
Nyamuk, Inilah Fakta dan Manfaatnya bagi Manusia
Awas, Obat Nyamuk Semprot Bisa Sebabkan Anak Pubertas Dini

Selain itu, 0,7 persen APBN disumbangkan untuk membantu negara lain di Afrika yang membutuhkan.

Setelah 10 tahun berselang, berdasarkan laporan WHO tahun 2011, hanya ada satu negara yang mampu untuk mencapai misi tersebut. Di Indonesia sendiri, peringatan Hari Malaria Sedunia baru dilaksanakan sejak tahun 2008. Hingga saat ini, Indonesia telah merayakan Hari Malaria yang kesembilan.

Menurut World Development Indicators (WDI), pada 2015, Indonesia menduduki peringkat 42 dari 99 negara yang terserang penyakit ini. Wilayah seperti Papua, NTT, Maluku, dan Bengkulu merupakan penyumbang terbanyak angka kejadian malaria di Indonesia. []

Sumber: Kumparan.com


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Rahasia Televisi, Bisa ‘Membius’ Otak

TV merupakan contoh yang sangat baik sekali bagaimana perangkat ini mempengaruhi pikiran Anda sebagai akibat pengaruh yang ditimbulkannya kepada otak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *