Foto: Jean Monnet Center of Excellence

Tahukah Anda, Kalau 9 Mei Itu ‘Hari Eropa’?

INSPIRADATA. Tak banyak yang mengetahui –sekarang 9 Mei– adalah Hari Eropa. Uni Eropa meluncurkan ‘European Month’ (Bulan Eropa) dengan diisi berbagai perayaan.

Perayaan ini bertujuan untuk mengingatkan orang-orang bahwa Uni Eropa berperan menjangkau bagian lain dari dunia dan membangun hubungan yang lebih erat antara Eropa dan Indonesia.

Menurut Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia, Vincent Guèrend mengatakan, dalam dua tahun terakhir, Delegasi Uni Eropa hanya merayakan Hari Eropa selama sepekan. Namun, seiring dengan kegiatan budaya dan kerja sama yang terus meningkat, sehingga tergagas kegiatan yang diadakan selama sebulan penuh di tahun ini.

Kegiatan ini, lanjut Guèrend, terfokus untuk membawa masyarakat lebih dekat melalui seni, budaya, olahraga dan pendidikan.

Sejumlah bentuk perayaan “Bulan Eropa” misalnya antara lain Festival Film Eropa ke-16 tahun lalu, yang akan diselenggarakan di enam kota yaitu Jakarta, Bandung, Denpasar, Medan, Surabaya dan Yogyakarta.

Perayaan Hari Eropa ini untuk memperingati deklarasi bersejarah yang dikemukakan Menteri Luar Negeri Prancis, Robert Schuman, dalam pidatonya di Paris pada 1950 yang ditandai sebagai awal fondasi berdirinya Uni Eropa. []

Sumber: Viva


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *