Unik, Informatif , Inspiratif

Tahukah Anda, Kelembapan di Pesawat Sama dengan Gurun Sahara?

0 34

Tanpa banyak diketahui bahwa kelembapan di atas pesawat sama rendahnya dengan suhu di gurun sahara.

Hal tersebut dikarenakan udara di ketinggian memiliki kadar air yang lebih rendah daripada udara di dekat permukaan.

BACA JUGA: Dikenal Suhunya Sangat Panas, Gurun Sahara Diselimuti Salju

Umumnya, kadar kelembaban yang dimiliki kabin pesawat yaitu sekitar 20 persen atau kurang darinya. Rendahnya kelembaban ini hampir menyamai, bahkan lebih rendah dari kelembaban yang terdapat pada Gurun Sahara.

Gurun yang disebut sebagai gurun pasir panas terbesar tersebut rata-rata kelembabannya berada pada kadar 25 persen.

Sementara pada kondisi normal di rumah, kelembaban udara yang dianjurkan berkisar antara 30-50%, tergantung pada lingkungan dan cuaca. Tentu saja kadar yang rendah memberikan berbagai dampak terhadap tubuh kita.

Dehidrasi merupakan salah satu masalah atau dampak yang paling sering dialami para penumpang pesawat. Terlebih ketika kita berada pada perjalanan yang panjang. Untuk tiap jamnya, udara yang kering dapat menyebabkan penurunan air dalam tubuh sebanyak 8 ons.

BACA JUGA: Benarkah Black Box Pesawat Berwarna Hitam?

Sehingga bila kita melakukan perjalanan yang memakan waktu hingga 10 jam misalnya, maka jumlah air dalam tubuh yang terbuang yakni sekitar 2 liter.

Sebuah eksperimen yang dilakukan dalam sebuah simulator dengan kondisi layaknya di dalam pesawat terbang juga menunjukkan adanya penurunan status hidrasi yang signifikan. Terhitung dalam waktu 6 jam, jumlah air dalam tubuh merosot sebanyak 2 persen meskipun mereka telah minum 400 ml air. []

SUMBER: KUMPARAN

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline