Makanan Ringan, Tahukah Anda, Kenapa Makanan Ringan Selalu Dibungkus Menggelembung?
Unik, Informatif , Inspiratif

Tahukah Anda, Kenapa Makanan Ringan Selalu Dibungkus Menggelembung?

0

Sempatkah Anda bertanya-tanya mengapa keripik kentang atau makanan ringan apapun, sering dikemas dengan kemasan plastik yang menggelembung?

BACA JUGA: Makanan Ringan Teraneh di Dunia, Mengejutkan!

Proses tersebut disebut Nitrogen Flushing, yang merupakan proses pengisian udara ke dalam kemasan makanan ringan. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga makanan tetap renyah hingga puluhan hari ke depan.

Selain itu pengisian udara hingga kemasan menggembung juga membantu agar keripik kentang atau jagung yang kita beli tidak sampai remuk. Makanan yang rapuh seperti keripik sangat mudah hancur.

Bahkan dengan kemasan yang menggembung saja bentuknya sudah tak utuh lagi saat sampai ke tangan konsumen. Hal tersebut terjadi karena proses pengangkutan membuatnya terbentur dan patah. Bayangkan kalau kemasannya tidak diisi udara.

Walaupun begitu, setiap merek makanan ringan memang memiliki presentase perbandingan isi yang berbeda. Ada yang jumlah nitrogennya sampai 50 persen, ada pula yang kurang dari itu.

BACA JUGA: Ternyata, Ada Zat Penyembuh Kebotakan dalam Kentang Goreng

Selain itu, perlu diakui pula bahwa kemasan yang menggembung lebih memakan tempat. Akibatnya berdampak ke biaya yang harus dikeluarkan untuk pengangkutan dan harga yang pada akhirnya harus dibayar oleh konsumen. Belum lagi jejak karbon yang ditinggalkan dari proses distribusi yang panjang tersebut. []

SUMBER: MERDEKA


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.