tips memilih travel umroh
Foto: kunang.deviantart.com

Tahun Ini Arab Saudi Izinkan Jemaah Iran Naik Haji

Foto: kunang.deviantart.com

Kerajaan Arab Saudi telah mengizinkan jemaah Iran untuk menunaikan ibadah haji tahun ini, setelah sebelumnya dilarang akibat ketegangan politik kedua negara.

“Kementerian Haji dan Biro Haji Iran dipersilahkan memberangkatkan jemaahnya tahun ini sesuai dengan prosedur sebagaimana dilakukan oleh seluruh negara Islam,” tulis kantor berita Saudi, Jumat, (17/03/2017).

Belum lama ini, larangan tersebut dicabut setelah Kementerian Urusan Haji Iran mengunjungi Saudi.

Untuk pertama kalinya, jemaah Iran—memiliki kuota 60 ribu, tidak bisa berangkat haji pada 2016 setelah dua negara gagal bersepakat soal keamanan dan logistik.

Riyadh dan Teheran tidak memiliki hubungan diplomatik, menyusul penutupan kedutaan besarnya akibat perselisihan politik.

Kementerian Haji Saudi dalam keterangannya kepada media mengatakan, pihaknya menyambut baik seluruh jemaah dari berbagai belahan dunia dan memiliki latar belakang berbeda.

Pemimpin dua tempat suci umat Islam—Mekah dan Madinah—menerangkan, Saudi siap memberikan layanan terhadap pelaksanaan haji sebagai bagian dari rukun Islam kelima.

Pada Januari 2016, Saudi dan Iran memutuskan hubungan diplomatik setelah pengunjuk rasa Iran menyerbu kedutaan Saudi di Teheran. Demikian Al Jazeera. []

SatuMedia


Artikel Terkait :

About Saefullah DS

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *