Unik, Informatif , Inspiratif

Tak Banyak Diketahui, Ini Khasiat Alami Daun Katuk untuk ASI

0

Meski belum banyak yang tahu sisi ilmiahnya, sejak lama daun katuk sudah dipercaya dapat memperlancar keluarnya Air Susu Ibu (ASI).

Banyak studi menyebutkan bahwa esktrak daun katuk terbukti berkhasiat untuk ibu menyusui. Seperti sebuah penelitan dari Sa’roni, Sadjamin, dkk, dengan judul Efektivitas Ekstrak Daun Sauropus Androgynous Dalam Meningkatkan Status Produksi ASI Ibu.

BACA JUGA: Perlukah Pendidikan Berorientasi Gender?

“Setelah ibu melahirkan, lalu menyusui, kemudian diberikan ekstrak daun katuk selama 15 hari berturut-turut, hasilnya dalam meningkatkan produksi asi sebanyak 66,7 ml atau 50,7%,” ungkap dr Ameetha Drupadi.

Hasilnya akan lebih berbeda pada kelompok ibu menyusui yang tidak diberikan ekstrak daun katuk. Mereka kerap mengeluhkan ASI tidak lancar, yang sangat mengganggu pemberian ASI kepada bayinya.

Dia menyebutkan, setiap 100 miligram daun katuk mengandung 59 kalori, 70 gram air, 4,8 gram protein, 2 gram lemak, 11 gram karbohidrat, vitamin B6, vitamin C, juga vitamin D. Ini tentunya sangat berguna bagi ibu hamil karena menguntungkan.

BACA JUGA: Cara Atasi Sakit Gigi pada Ibu Hamil

“Selain nutrisi-nutrisi tersebut, fungsi ekstrak daun katuk tersebut juga bisa meningkatkan hormonal, prolaktin dan oksitosin. Namun tentunya juga harus dirangsang dengan isapan bayi,” bebernya.

Terlebih, hormon oksitosin sama dengan hormon cinta yang merangsang keluarnya ASI menjadi lancar. Hal ini sangat dibutuhkan demi mencegah kegagalan dalam memberi ASI. Sementara itu, manfaat lain dari daun katuk ialah menyembuhkan penyakit kulit, sembelit, mengatasi luka hingga mengurangi demam. []

SUMBER: OKEZONE


Artikel Terkait :
Comments
Loading...

Kamu Sedang Offline