khasiat alang alang
Foto: Wikipedia

Tak Banyak yang Tahu, Alang-alang Ternyata Bisa Obati 4 Penyakit Ini

Tanaman alang-alang sering kita lihat tumbuh di lahan yang kosong. Tanaman ini pasti sering kita jumpai kemanapun kita pergi, karena alang-alang merupakan tanaman yang tidak sulit untuk tumbuh.

Alang-alang juga sering dimanfaatkan sebagai atap rumah. Selain itu, tanaman ini juga bisa jadi obat alternatif. Beberapa zat yang terkandung di dalamnya memiliki khasiat medis sehingga bisa dimanfaatkan sebagai obat.

Dilansir Home.co.id, empat penyakit ini ternyata bisa diobati oleh tanaman alang-alang.

Obat sakit ginjal

Penderita penyakit ginjal bisa mencoba untuk menggunakan alang-alang sebagai obat tradisional. Caranya, cuci bersih 120 gram alang-alang segar, lalu rebus di dalam tiga gelas air. Tunggu sampai mendidih dan hanya tersisisa satu gelas saja. Minumlah ramuan tersebut sebanyak dua kali sehari setiap pagi dan sore secara rutin.

Obat kencing darah, kencing manis, muntah darah

Alang-alang juga mampu mengobati kencing darah, kencing manis, dan muntah darah. Untuk mendapatkan khasiat medis tersebut, cucilah 100 gram akar alang-alang segar, lalu potong kecil-kecil. Rebus potongan kecil akar alang-alang itu dengan dua gelas air, hingga tersisa setengahnya. Minumlah air rebusan yang telah bersih dari ampasnya tersebut secara rutin dua kali sehari

Panas dalam

Manfaat alang-alang bagi kesehatan yang paling terkenal adalah untuk mengobati panas dalam. Bahkan sekarang, sudah banyak produk minuman penghilang panas dalam yang terbuat atau menambahkan alang-alang ke dalam komposisinya. Dengan begitu, penderita penyakit ini pun tak perlu repot-repot untuk mengekstrak alang-alang sebelum meminumnya.

Obat mimisan

Mimisan atau hidung berdarah dapat diobati dengan alang-alang. Caranya, cuci bersih akar alang-alang, lalu tumbuklah sampai memar dan berair. Peras sampai hanya tersisa airnya. Setelah itu, minumlah air sari dari alang-alang segar tersebut.

Untuk selalu diingat, manfaat alang-alang sebagai obat hanya bisa didapatkan jika cara pengolahan dan kadar yang digunakan tepat. Maka, penting bagi Anda untuk mengetahui terlebih dahulu cara pemanfaatan tanaman ini untuk obat-obatan. []

 

 


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Bahaya Menelepon Saat Hujan, Wajib Tahu

Jadi berhati-hatilah menelepon di saat hujan apalagi disertai dengan petir. Bisa-bisa Anda kehilangan nyawa karena hal sepele tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *