Unik, Informatif , Inspiratif

Tak Banyak yang Tahu, Ternyata Begini Sejarah Kaca Spion

0 100

Semua punya sejarah. Sebelum diwajibkan seperti saat ini, spion ternyata memiliki cerita panjang.

Saat ini spion bukan sekadar untuk mengawasi blind spot kendaraan. Seiring kemajuan jaman ‘cermin’ pada kedua sisi kendaraan ini dibekali berbagai macam teknologi seperti fitur blind spot monitoring atau bahkan ada juga yang sudah menggantikan fungsinya dengan kamera.

BACA JUGA: Kaca Spion

Tanpa banyak yang tahu, dalam sejarahnya spion ternyata terinspirasi dari kereta kuda.

Spion diketahui muncul pertama kali pada kendaraan balap buatan produsen asal Amerika Serikat, Marmon Motor. Kala itu cermin dipasang pada mobil balap yang dikendalikan Ray Harroun di kejuaraan Indianapolis 500 pada 1911.

Harroun mengaku ide spion pada mobil balapnya muncul setelah melihat kereta kuda menggunakan spion pada 1904. Meski Harroun telah memulai eksperimen spion sejak 1911, baru pada 1921 Elmer CA Berger mematenkan dan memproduksi spion khusus mobil penumpang biasa.

Seiring berjalannya waktu, penggunaan spion pun juga digunakan pada kendaraan lain seperti truk dan bus.

BACA JUGA: Jangan Simpan Gantungan di Spion Tengah Mobil!

Tidak disebutkan sejak kapan mobil besar tersebut menggunakan spion, tapi yang jelas spion untuk bus dan truk jumlahnya bisa lebih dari tiga, untuk mengurangi blind spot.

Kemudian spion juga akhirnya dipakai pada sepeda motor di sisi kanan dan kiri setang. Spion juga akhirnya hadir dengan berbagai versi dan desain, tergantung bentuk kendaraan. []

SUMBER: CNNINDONESIA

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline