Foto: bibitbunga

Tak Hanya Wangi, Ini Macam Manfaat Minyak Melati

minyak melati
minyak melati (Foto: bibitbunga)

INSPIRADATA. Secara tradisional, minyak melati telah digunakan di beberapa negara, seperti Cina, untuk membantu detoksifikasi tubuh dan meredakan gangguan pernafasan dan hati.

“Minyak juga digunakan untuk mengurangi rasa sakit yang berhubungan dengan kehamilan dan persalinan,” kata dokter asal Amerika Dr. Josh Axe di laman pribadinya, Draxe.com. Berikut adalah beberapa manfaat minyak melati:

1. Memperbaiki mood
Sejumlah penelitian menemukan perbaikan mood dan tidur setelah menggunakan minyak melati, baik sebagai perawatan aromaterapi atau topikal pada kulit. Minyak melati juga meningkatkan tingkat energi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minyak melati memiliki efek merangsang atau pengaktifan otak, dan membantu memperbaiki mood pada saat bersamaan.

2. Meningkatkan gairah
Dibandingkan dengan efek plasebo, minyak melati terbukti secara signifikan meningkatkan gairah, yang diukur dengan tanda-tanda fisik, di antaranya tingkat pernapasan, suhu tubuh, saturasi oksigen darah, dan tekanan darah sistolik maupun diastolik, dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada wanita dewasa yang sehat.

3. Memperbaiki imunitas dan memerangi infeksi
Minyak melati mengandung bahan aktif, seperti benzaldehida, asam benzoat dan benzil benzoat. Bahan aktif ini secara alami melawan bakteri dan virus berbahaya di dalam tubuh dan kulit, membantu mencegah penyakit, iritasi, jamur dan infeksi virus.

Menghirup minyak melati, baik secara langsung atau dengan menanamkannya di rumah Anda, dapat membantu membersihkan lendir dan bakteri di dalam saluran hidung dan gejala pernafasan. Menerapkannya ke kulit Anda juga bisa mengurangi peradangan, kemerahan, nyeri dan mempercepat waktu yang dibutuhkan untuk menyembuhkan luka.

4. Membantu tidur lebih nyenyak
Anda merasa seperti selalu lelah tapi susah tidur? Minyak melati menunjukkan efek menenangkan yang bisa bertindak sebagai obat penenang alami dan membantu Anda tidur lebih nyenyak.

Sebuah studi pada 2005 yang dipublikasikan di European Journal of Applied Physiology menemukan bahwa bau teh melati memiliki efek sedatif pada aktivitas saraf otonom dan keadaan mood. Menghirup melati bersama lavender membantu mengurangi denyut jantung dan menimbulkan perasaan tenang dan santai.

5. Mengurangi gejala menopause
Menggunakan minyak melati baik sebagai pengobatan aromaterapi atau menerapkannya secara langsung ke kulit dapat membantu mengurangi gejala emosional dan fisik saat menopause. Minyak melati juga bekerja sebagai obat alami untuk menghilangkan menopause.

6. Mencegah atau mengobati gejala PMS
Memijat minyak melati ke kulit Anda atau menghirupnya dapat membantu mengurangi gejala paramenstrual syndrom (PMS), termasuk sakit kepala, kram perut, jerawat, dan kerutan kulit lainnya, serta kegelisahan.

7. Membantu gejala post-pregnancy
Minyak melati dapat membantu meringankan gejala pascamelahirkan, termasuk kecemasan, depresi, nyeri otot dan energi rendah. Juga membantu menyeimbangkan hormon secara alami dan bahkan sudah terbiasa secara tradisional untuk meningkatkan produksi ASI. Selain itu, mengoleskan minyak melati ke kulit bisa membantu mengurangi tanda-tanda stretchmark dan mencegah jaringan parut.

8. Mengurangi infeksi pernafasan
Minyak melati dapat membantu membuka saluran hidung dan saluran pernafasan dan mengurangi rasa sakit yang berhubungan dengan pilek, flu atau penyakit lainnya.

9. Meningkatkan konsentrasi
Menggosok minyak melati ke kulit dapat membantu membangunkan dan meningkatkan energi. Bahan aktifnya membantu meningkatkan detak jantung, suhu tubuh dan aktivitas otak yang dibutuhkan untuk pembelajaran aktif serta pemecahan masalah.

10. Membatu mengatasi peradangan kulit
Minyak melati dianggap sebagai antibiotik dan antiviral. Oleh karena itu, minyak ini dapat membantu menenangkan iritasi dan peradangan kulit.

Cobalah mencampur minyak melati ke dalam pelembab bibir, shower gel, atau body lotion untuk mengurangi noda, menyembuhkan memar dengan cepat, mencukur iritasi atau rasa sakit yang berhubungan dengan gigitan serangga. Pastikan untuk terlebih dahulu menguji reaksi Anda terhadap minyak esensial apa pun dengan menerapkan sejumlah kecil pada secarik kulit untuk memeriksa alergi.

11. Relaksasi
Bergantung pada minyak lain yang digunakannya, minyak melati bisa merendahkan atau menenangkan. Hal ini dapat membantu meningkatkan kewaspadaan dan gairah saat dibutuhkan, namun juga memiliki efek relaksasi dan mengurangi rasa sakit yang menjadikannya minyak pijat yang sempurna.

12. Dapat sebagai parfum
Alih-alih menggunakan parfum mahal yang dibeli di toko, coba oleskan minyak melati ke pergelangan tangan dan leher Anda sebagai keharuman alami dan bebas kimia. Minyak melati memiliki aroma bunga yang hangat dan mirip dengan parfum wanita.


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *