, Tak Mau Kena Tilang? Lakukanlah Ini
Unik, Informatif , Inspiratif

Tak Mau Kena Tilang? Lakukanlah Ini

0

Operasi zebra atau pemeriksaan oleh kepolisian bagi para pengendara bisa kapan saja digelar. Tentunya bagi Anda yang mempunyai surat-surat secara lengkap dan kendaraan yang baik, tidak akan merasa cemas. Lantas, bagaimana dengan yang tidak memilikinya? Apa yang harus dilakukan?

Jika Anda mengalami masalah itu, maka tak perlu khawatir apalagi risau. Jangan sampai, ketidak lengkapan surat-surat berkendara Anda menghalangi aktivitas di luar rumah. Apalagi, bagi seorang lelaki, mencari nafkah menjadi kewajiban bukan?

Jika Anda memiliki penghasilan, maka sisihkanlah penghasilan Anda. Untuk apa? Tentunya, untuk melengkapi surat-surat Anda. Anda bisa pergi ke kantor kepolisian untuk membuat surat-surat yang belum lengkap. Jika sebelumnya Anda sudah punya, namun hilang, maka buatlah surat kehilangan agar Anda tak kena tilang.

Mengapa hal itu perlu dilakukan? Selain agar tidak kena tilang, juga termasuk ke dalam bentuk menaati Allah dan Rasul-Nya. Sebab, Allah memerintahkan kita untuk taat pada aturan. Apalagi aturan tersebut demi kemaslahan diri kita sendiri.

Rasulullah ﷺ bersabda, “Wajib atas seorang muslim untuk mendengar dan taat (kepada pemimpin –ed.-) baik dalam perkara yang ia sukai atau dia benci, kecuali dalam kemaksiatan. Apabila dia diperintah untuk maksiat, tidak boleh mendengar dan taat,” (Syarah Kasyfu Syubhat, Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin hal 206-207, media hidayah Jogjakarta).

Jika Anda tidak berusaha untuk menaati aturan, maka sama halnya kita tidak menaati perintah Allah.

Tapi, bagaimana jika kondisi ekonomi belum memadai untuk melengkapi surat-surat dalam berkendara itu?

Untuk sementara waktu, Anda bisa menggunakan kendaraan umum. Itu lebih aman dan lebih baik bagi Anda. Selain itu, jika kendaraan umum pun cukup sulit bagi Anda, maka Anda bisa berjalan kaki. Sebab, dengan berjalan kaki, kondisi kesehatan Anda pun akan lebih baik. []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.