Sepasang Kucing
Foto: Sepasang Kucing

Tak Pernah Berhubungan, Ini Efek Negatifnya

Bagi suami istri, berhubungan intim memiliki beragam manfaat. Sebaliknya, tak pernah atau jarang melakukan hubungan intim, ternyata ada efeknya lho.

Dilansir dari HelloSehat, berikut beberapa efek yang terjadi pada tubuh jika tak pernah atau jarang berhubungan intim.

Lebih sering sakit

Para peneliti di Wilkes-Barre University di Pennsylvania menemukan bahwa orang yang berhubungan intim sekali atau dua kali seminggu, dapat mengalami peningkatan immunoglobulin A (salah satu pertahanan tubuh terhadap virus) sebanyak 30 persen, dibandingkan mereka yang tidak atau jarang melakukan seks.

Lebih mudah stres

Para peneliti dari Skotlandia menemukan bahwa orang yang berhenti melakukan hubungan intim, lebih sulit untuk menghadapi situasi stres. Saat berhubungan seks, otak akan mengeluarkan hormon kebahagiaan, seperti endorfin dan oksitosin. Hormon itu membantu Anda merasa lebih nyaman.

Lebih berisiko terkena kanker prostat

Menurut sebuah penelitian yang dipresentasikan pada American Urological Association, seorang pria yang rutin berhubungan intim dapat menurunkan risiko terkena kanker prostat sebanyak 20 persen. Selain itu, ejakulasi sering kali dapat mengeluarkan zat berbahaya dari prostat.

Lebih berisiko mengalami disfungsi ereksi

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Medicine, pria yang jarang berhubungan intim memiliki dua kali lipat kemungkinan terkena disfungsi ereksi—daripada pria yang melakukannya sekali seminggu atau lebih.

Peneliti menyatakan bahwa, karena penis adalah otot, maka melakukan hubungan intim dapat membantu melestarikan potensi dengan cara yang sama seperti latihan fisik membantu meningkatkan kekuatan.

Cenderung merasa tidak bahagia

Dalam jurnal Archives of Sexual Behaviour, kaum hawa sering merasa lebih tertekan ketika mereka tidak melakukan hubungan intim.

Peneliti mengatakan bahwa beberapa senyawa yang ditemukan dalam sperma—termasuk melatonin, serotonin, dan oksitosin—memiliki manfaat dalam meningkatkan suasana hati bagi wanita. []


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

alasan suami selingkuh

Perhatikan, 5 Hal Sepele Ini Bisa Jadi Tanda Pasangan Anda tengah Berselingkuh

Meski demikian, ada juga orang yang tetap biasa saja dengan HP. Kemana-mana dia tidak perlu terlalu sering memegang handphone. Membuka handphone kalau ada notifikasi saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *