SMS

Tak Terasa, Sudah 25 Tahun Kerbersamaan SMS

Tak terasa kebersamaannya, fitur pengirim pesan singkat atau SMS telah berusia 25 tahun.

03 Desember, hari ulang tahunnya. SMS pertama kali dikirim oleh insinyur Inggris, Neil Papworth kepada Richard Jarvis, pemimpin eksekutif perusahan telekomunikasi Inggris, Vodafone yang sedang menghadiri pesta perusahaan di Newbury, Inggris.

Karena sebab ketika itu telepon seluler belum bisa mengirim dan menerima SMS, maka pesan itu diketik Papworth pada sebuah komputer. Sementara Jarvis menerimanya pada pesawat telepon Orbitel 901.

Pesan yang berbunyi “Merry Christmass” itu tak bisa dibalas Jarvis, karena pesawat teleponnya itu juga tak memiliki teknologi untuk mengirim pesan singkat atau SMS.

Tetapi meski Papworth dinobatkan sebagai orang pertama yang mengirim pesan singkat, dia bukanlah penemu SMS. Orang yang pertama kali menemukan SMS pada Matti Makkonen, insinyur Finlandia yang pernah bekerja untuk Nokia. Ia menelurkan gagasan tentang SMS dalam sebuah konferensi telekomunikasi pada 1984.

Pertama kali dikirim pada 1992, SMS tak segera menjadi teknologi yang umum pada ponsel. Baru pada 1994, SMS bisa dikirim dan diterima di ponsel, ketika Nokia meluncurkan Nokia 2010.

Kini sekitar 97 persen pengguna ponsel pintar di dunia menggunakan pesan singkat dan teknologi itu sudah berkembang pesat, baik dari segi konten maupun bahasa yang digunakan.

Menurut para peneliti di TextRequest, lebih dari 561 miliar pesan teksi dikirim di seluruh dunia hingga Juni 2014 dan sekitar 18,7 miliar pesan teks dikirim setiap harinya.

Cnet


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Rahasia Televisi, Bisa ‘Membius’ Otak

TV merupakan contoh yang sangat baik sekali bagaimana perangkat ini mempengaruhi pikiran Anda sebagai akibat pengaruh yang ditimbulkannya kepada otak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *