Takut Berat Badan Naik Saat Puasa? Ini Lima Tipsnya

INSPIRADATA. Dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari, setahun sekali, umat Muslim melakukan puasa di bulan Ramadhan. Ada fenomena, kebanyakan orang mengalami kenaikan berat badan, dan yang disalahkan adalah jumlah makanan bergula dan kalori yang dikonsumsinya.

Dari sana, ada lima tips untuk menghindari masalah di atas selama berpuasa:

1- Pada saat buka puasa, Anda bisa mengambil tiga buah kurma serta segelas besar air untuk disantap. Kemudian pergi sholat maghrib agar tubuh Anda bisa mencerna makanan selanjutnya.

2- Saat kembali dari masjid untuk sholat maghrib, lanjutkan dengan sup atau salad, lalu makanan yang berprotein. Tunda dulu karbohidrat, jangan terlalu banyak memakannya.

3- Ambil salah satu minuman yang dapat membantu mengurangi berat badan sebelum sahur, seperti campuran jahe dengan peppermint atau lemon, dan kayu manis yang dicampur madu dan lemon.

4- Ambil makanan yang bergula tapi jangan langsung menyantapnya setelah berbuka puasa. Setidaknya dua jam kemudian setelah buka puasa.

5- Sahur bisa menjadi penyebab utama kenaikan berat badan Anda, seperti yang dilakukan langsung sebelum tidur. Makanan yang disarankan untuk disantap saat sahur, adalah makanan yang berprotein seperti yoghurt, kacang, dan telur. Yang terpenting, kurangi makanan bergula dan karbohidrat. []

Sumber: Egypt Independent


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *