Unik, Informatif , Inspiratif

Talak Tiga Terlarang di India

0

Pemerintah India, Rabu (19/9/2018) menyetujui peraturan putusan pengadilan terhadap praktik talak tiga, sebelum disetujui Parlemen. Para pria tak akan bisa “semaunya” menceraikan istri tanpa jalur hukum.

Aturan tersebut dimaksudkan agar wanita mendapat hak konstitusional dalam memperjuangkan nasib rumah tangganya.

BACA JUGA: Profesor India Ini Meningga Saat Siaran Langsung Televisi

Pemerintah India memiliki waktu enam bulan untuk mendapatkan persetujuan Parlemen agar larangan talak tiga menjadi hukum resmi.

Karena masih menunggu, para pelaku terkait dapat dituntut dengan menggunakan pasal-pasal rumah tangga yang masih berlaku.

Menteri Hukum India, Ravi Shankar Prasad, mengatakan bahwa hampir 22 negara, termasuk Pakistan dan Bangladesh, telah melarang praktik talak sejak lama. Ia menyerukan kepada oposisi untuk menyetujui Perlindungan Hak Wanita Muslim atas Undang-Undang Perkawinan.

BACA JUGA: India Segel Masjid Berizin Ilegal di Delhi

Dewan Hukum Muslim India telah mengatakan kepada pengadilan, mereka sepaham menganggap praktik talak tiga yang berlaku di tengah masyarakat saat ini adalah salah.

Namun, sebelumnya, mereka tetap menentang setiap intervensi pengadilan dan meminta agar masalah diserahkan kepada masyarakat. []

SUMBER: ANTARA


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.