Unik, Informatif , Inspiratif

Tanda Bakti pada Orangtua yang Sudah Meninggal

0

Setelah orangtua meninggal, ada banyak cara bagi anak untuk tetap bisa berbakti kepada orangtuanya. Mereka tetap bisa memberikan kebaikan bagi orangtuanya yang telah meninggal, yaitu berupa aliran pahala. Dengan satu syarat, selama mereka memiliki ikatan iman.

Siapa yang tahu terkait hal ghaib? Surga atau neraka yang orangtua dapatkan, tugas anak tetaplah sama. Yaitu melakukan amalan-amalan shaleh yang mampu memperingan penghisabannya di akhirat.

BACA JUGA: Amalan-amalan Saat Terjadi Gempa

Berikut beberapa amalan shaleh yang dipaparkan menurut Ibnu Taimiyah:

1. Banyak Doa

Berdasarkan QS Al-Hasyr ayat 10, “Dan orang-orang yang datang sesudah mereka (Muhajirin dan Anshar), mereka berdoa, ‘Ya Rabb kami, ber ampunlah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman terhadap orang-orang yang beriman, Ya Rabb kami, sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang’.”

2. Sering Sadaqah

Aisyah meriwayatkan, sesungguhnta laki-laki datang kepada Nabi SAW, kemudian ia berkata, “Wahai Rasulullah, sesungguhnya ibuku meninggal secara tiba-tiba dan tidka berwasiat apapun, dan aku berperasangka kalau dia berwasiat maka dia akan bershodaqah. Apakah bagi ibuku mendapat pahala apabila aku bershodaqah untuknya?” Nabi menjawab, “Ya.”

3. Sering Tilawah al-Quran

4. Lakukan Puasa

Dari Ibnu Abbas berkata, datang seorang laki-laki kepada Nabi Shalallahu ‘alaihi wasallam kemudian berkata, “Wahai Rasulullah sesungguhnya ibuku telah meninggal dan ia masih menyisakan puasa ramadhan, apakah aku aku meng-qadhai untuknya?” Nabi Shalallahu ‘alaihi wasallam berkata, “Ya.” Kemudian beliau bersabda, “Sesungguhnya hutang kepada Allah itu lebih berhak untuk ditunaikan.” []
Sumber: Misteri Malam Pertama di Alam Kubur, Oleh: Jubair Tablig Syahid


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.