foto: Republika

Tangerang Sambut Ramadhan dengan Pawai Obor dan Khataman Al Qur’an

INSPIRADATA. Ribuan cahaya obor menerangi jalan protokol Kota Tangerang, Rabu (24/05/2017) malam. Tak kurang dari 10 ribu masyarakat Kota Tangerang berpartisipasi dalam pawai obor yang dirangkai dengan khataman Al qur’an menyambut Ramadhan.

Dalam kegiatan yang digelar Pemerintah Kota Tangerang bersama Nusantara Mengaji ini, masyarakat diajak mengkhatamkan Alquran secara bersama-sama di Masjid Raya Al-A’zham Kota Tangerang. Kemudian melakukan pawai dengan membawa obor mengelilingi kota.

Walikota Tangerang, Arif R Wirmansyah, menjelaskan bahwa Kota Tangerang sudah lebih setahun ini menggerakkan masjid mengaji dan dia berharap kegiatan positif semacam ini bisa tetap berjalan sebagai penguat mentalitas dan spiritualitas masyarakat khususnya warga Kota Tangerang. “Alhamdulilah berjalan lancar,” katanya, lansir Republika.

Menristekdikti M Nasir menggarisbawahi pentingnya Alquran untuk mengasah dan menjaga spiritual. Membaca Alquran mempunyai banyak keutamaan antara lain dapat menimbulkan ketenangan. “Jika jiwa tenang, setengah persoalan hidup akan selesai,” tutur dia.

Menurut Ketua Kordinator Nasional Nusantara Mengaji, Jazilul Fawaid bahwa saat ini perkembangan dunia sudah sangat canggih, segala macam alat informasi dan telekomunikasi telah ditemukan.

Namun, kata dia, ada hal yang luput dari laju perkembangan dunia tersebut, yaitu tidak ada satu alat pun yang mampu diciptakan untuk dapat menahan hawa nafsu manusia. Tidak ada satu alat pun yang mampu mampu meredam kebencian yang ada dalam diri manusia.

Dalam konteks inilah, Nusantara Mengaji hadir mengisi zaman modern dengan Khataman Alquran untuk mengendalikan hawa nafsu dan mempersatukan umat serta menghindari hoax dan kebencian.

“Inilah salah satu fungsi alquran sebagai obat,” kata Ketua Umum Ikatan Alumni Perguruan Tinggi Ilmu Alquran (Ikaptiq) ini.

Hadir dalam kegiatan, sejumlah tokoh nasional. Di antaranya Menristekdikti M Nasir, Dewan Penasehat Nusantara Mengaji KH Husnul Hakim, Walikota Tangerang Arif R Wismansyah dan Wakil Walikota Tangerang Sacruddin. []


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *