Fahri Hamzah Foto: Kompas

Tanggapi Defisit BPJS Kesehatan, Fahri: Bentuk Kegagalan Pengelolaan Negara

JAKARTA—Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah angkat bicara perihal polemik beberapa rumah sakit mengumumkan bahwa tidak lagi menerima pasien yang menggunakan BPJS Kesehatan.

Fahri menilai investasi BPJS Ketenagakerjaan pada sektor infrastruktur sebagai bentuk kegagalan pengelolaan negara.

BACA JUGA: BPJS Kesehatan Tidak Akan Menanggung 8 Penyakit, Ini kata Komisi IX DPR

“Saya waktu itu satu rapat saya mengusulkan agar BPJS Ketenagakerjaan justru menyelamatkan BPJS Kesehatan. Sebab ini kan BPJS Ketenagakerjaan itu kan surplus sementara BPJS Kesehatan kan defisit, harusnya sama-sama BPJS dia bisa bikin holding, dia bantunya itu bantu BPJS Kesehatan. Karena itu tugasnya kan, ini kan dalam satu platform kesra (kesejahteraan rakyat),” kata Fahri, pada Senin (7/1/2019).

“Tapi kalau BPJS Ketenagakerjaan kemudian membiayai infrastruktur, wah itu sebenarnya sambil BPJS Kesehatan-nya empot-empotan, rakyat nggak dilayani lagi, pelayanan BPJS Kesehatan tutup di mana-mana itu, missleading itu. Itu bagian dari kegagalan pengelolaan oleh negara,” ujarnya.

Fahri menyesalkan jika atas nama membangun infrastruktur justru membuat rakyat terbengkalai karena tidak mendapatkan pelayanan kesehatan demi membangun infrastruktur.

BACA JUGA: BPJS Akan Hapus Tanggungan 8 Penyakit, Ini Anggapan Anggota DPR

“Lah ini bagaimana orang rakyatnya mati kok gara-gara nggak dirawat, bagaimana? Ini udah mati orangnya. Infrastruktur siapa yang mati? Nggak ada yang mati kok. Nggak boleh kita membangun terus ini orang ditinggalin jadi mati semua,” tegasnya.

“Sama dengan kepala rumah tangga itu, ada anaknya yang sakit, ‘nak kamu nggak usah saya obati ya karena kita mau bikin taman di depan rumah, biar rumah kita bagus’. Kan kurang ajar bapaknya kalau kayak begitu. Nggak boleh dong. Yang cepat ini orang mau mati ini ditolong dulu,” tandasnya. []

SUMBER: DETIKNEWS


Artikel Terkait :

About Ari Cahya Pujianto

Hanya Pemuda Akhir Zaman yang Terus Memperbaiki Diri

Check Also

tukang becak

Dipenjara, Tukang Becak Ini Dapat Donasi Rp 700 Juta Lebih

Akibat kecelakan itu, nyawa penumpang tidak tertolong dan akhirnya meninggal 15 menit setelah tiba di rumah sakit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *