Unik, Informatif , Inspiratif

Tanggapi Maraknya ‘Hoax’ Jelang Pemilu, Mahfud MD: Pemerintah Harus Bertindak Tegas

0

JAKARTA— Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD mengomentari perihal insiden hoaks 7 kontainer surat suara tercoblos di Tanjung Priok beberapa waktu lalu.

Mahfud MD meminta masyarakat untuk kompak agar kebohongan serupa tidak terulangi, karena tidak ada cara lain mencegah dan mengantisipasi hal itu bila masyarakat tidak mengkampanyekannya.

BACA JUGA: Berkat Deteksi Suara, Polisi Tangkap Pembuat Hoax 7 Kontainer Surat Suara

Selain itu, bila terlanjur terjadi, pelaku harus ditangkap dan dihukum sebagai bentuk tindakan represif.

“Itu tangkap orangnya, dihukum sesuai bunyi undang-undang yang mengancam hukuman,” ujar Mahfud, pada Kamis (10/1/2019).

Mahfud juga menilai, hoaks juga menjadi semakin berbahaya ketika elite politik ikut terlibat dan menyebarkannya dan mereka juga harus ditangkap bila terbukti menyebarkan.

“Sikap ideal sebagai politikus semua harus jujur, kan gitu idealnya. Kalau terpaksa tidak jujur suka mengedarkan hoaks, ya ditangkap aja kan gitu,” ujarnya.

Mahfud MD juga mengaku prihatin dengan maraknya hoaks dan ujaran kebencian di tengah pemberitaan terkait Pemilu 2019. Untuk mencegah dua hal tersebut, dia meminta pemerintah bertindak tegas.

BACA JUGA: Andi Arief Terseret Kasus ‘Hoax’ 7 Kontainer Surat Suara Sudah Tercoblos, Ini Tanggapan Demokrat

Menurut Mahfud, kebanyakan hoaks dan ujaran kebencian terjadi karena masalah konservatisme. Sehingga negara benar-benar harus menegakkan payung hukum tanpa pandang bulu. []

SUMBER: LIPUTAN6


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Kamu Sedang Offline