Foto: Fluid Motion Architects

Tanpa Kubah dan Menara, Masjid di Iran Ini Tuai Kontroversi

Masyarakat biasanya menyambut dengan antusias pembangunan sebuah masjid. Namun, justru masjid di Iran ini malah menimbulkan kontroversi.

Dikutip dari The Guardian, Arsitek Iran Reza Daneshmir dan Catherine Spiridonoff ialah desainer Masjid Vali-e-Asr yang terletak di dekat teater Teheran. Gaya arsitektur masjid ini modern dan unik.

Bentuk bangunan masjid ini yang tanpa kubah dan menara menjadi salah satu wujud kemodernan dan keunikannya.

Namun, justru Masjid Vali-e-Asr menuai kontroversi di kalangan masyarakat Iran justru karena hal tersebut.

Kelompok Islam garis keras di Iran menyebut jika bangunan tersebut disebut sebagai masjid. Salah satu media konservatif setempat bahkan pernah menuliskan bahwa masjid tersebut “dibuat cacat demi menghormati teater”. Desain post modern masjid tersebut dianggap menghina dan tak punya arti sama sekali.

Masjid Vali-e-Asr sendiri sebenarnya akan diresmikan pada pertengahan tahun lalu. Tapi, karena kontroversi yang muncul, pendanaan konstruksi masjid itu pun terpaksa dihentikan.

Sementara itu, menanggapi tudingan yang muncul dari kelompok garis keras, arsitek Vali-e-Asr justru mengatakan jika masjid itu mengambil inspirasi dari kitab suci umat Islam.

“Sumber terbesar kami untuk proyek ini adalah Alquran itu sendiri. Kami coba mendesain masjid dengan kesederhanaan, kesederhanaan dan niat baik, dan bukan masjid yang menyombongkan diri dari tingginya struktur bangunan,” kata kedua arsitek.

“Kami ingin menciptakan interaksi antara masjid, yang punya esensi kultural, dan teater Kota Teheran. Kami ingin membuatnya sebagai proyek budaya yang harmonis dengan sekelilingnya – masjid harus merespon kebutuhan zaman,” kata mereka. []


Artikel Terkait :

About Fajar Zulfikar

Check Also

Bahaya Menelepon Saat Hujan, Wajib Tahu

Jadi berhati-hatilah menelepon di saat hujan apalagi disertai dengan petir. Bisa-bisa Anda kehilangan nyawa karena hal sepele tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *