tas randoseru, Tas Randoseru: Antara Wajib Dimiliki Anak di Jepang, Tradisi dan Mahal
Unik, Informatif , Inspiratif

Tas Randoseru: Antara Wajib Dimiliki Anak di Jepang, Tradisi dan Mahal

0

Bukan hanya unik, tas Randoseru milik anak sekolah di Jepang ini punya nilai tradisi juga. Meski begitu, tas ini perlu merogoh kocek dalam-dalam.

BACA JUGA: Inemuri, Budaya buat “Si Sibuk” yang Tak Tahan Tidur di Jepang

Kalau dirupiahkan oleh nilai 1 yen sama dengan 134 rupiah, maka harganya mulai dari Rp4juta sampai Rp17juta-an. Tas ini jadi salah satu kebutuhan sekolah paling mahal bagi anak-anak yang akan mulai SD di Jepang.

Sebenarnya, seperti apa sih randoseru dan kenapa harganya bisa fantastis?

1.  Dengan harga yang mahal, tas ini sangat awet dengan material dari kulit dan besi. Bahkan, anak SD memakai randoseru selama 6 tahun.

2. Sebenarnya tas sekolah ini terinspirasi dari tas tentara. Semenjak tahun 1950, tas itu jadi populer untuk anak SD dan dijuluki randoseru.

3. Dulunya, anak lelaki identik dengan randoseru berwarna hitam sedangkan yang perempuan warna merah. Tapi sekarang warnanya sudah bervariasi.

4. Material randoseru ini keras sehingga bisa melindungi isi tas dari guncangan. Dalam kondisi kosong pun tas ini terbilang berat.

5. Randoseru dilengkapi dengan sejenis peluit yang bisa diaktifkan anak SD ketika terjadi bahaya sehingga orang lain tahu dan bisa menolongnya.

6. Selain itu, randoseru sangat bermanfaat. Ketika anak kecil tenggelam, tas ini bisa berfungsi sebagai pelampung.

BACA JUGA: Inspiratif, Pertanian di Jepang Sudah Andalkan Drone!

7. Randoseru juga bisa melindungi kepala anak ketika terjatuh ke belakang akibat kecelakaan atau terpeleset di jalan. []

SUMBER: HIPWEE


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.