Teh Ini Membuat Orang Kaya Merogoh Kocek 132 Juta Rupiah Demi Meminumnya, Teh Macam Apa?

INSPIRADATA. Teh minuman yang sudah tidak asing lagi dengan keseharian masyarakat. Disamping proses penyeduhannya yang mudah, harganya pun terjangkau. Namun, siapa sangka, teh yang identik dengan rakyat, bisa menjadi buruan para konglomerat.

Beberapa jenis teh memang ada yang terbilang istimewa. Minuman yang kita anggap biasa saja ini, bisa menjelma menjadi minuman yang mewah. Melansir nypost.com, Kamis (12/5/2016), BBC Travel menemukan sebuah teh di Tiongkok dengan harga yang mahal. Saking mahalnya, keberadaan teh ini lebih istimewa jika dibandingkan dengan sampanye terbaik atau edisi langka sebotol anggur.

Teh dengan nama Da Hong Pao ini begitu ekslusif sampai siapapun yang ingin menikmati seduhannya harus rela merogoh kocek sebesar US$ 10 ribu atau setara Rp 132,85 juta (estimasi kurs Rp 13.285 per dolar AS). Bahkan menurut BBC, teh tersebut dinobatkan sebagai salah satu teh yang paling mahal di dunia. Para kolektor teh yang kaya raya bahkan menggunakan broker untuk mendapatkannya Da Hong Pao ini.

“Padahal minuman ini tampak cocok untuk pengemis, tapi dihargai untuk seorang kaisar bahkan memiliki jantung Buddha,” ujar pembuat teh, Xiao Hui.

Mengapa daun teh Da Hong Pao begitu bernilai?

Minuman ini begitu mahal karena daunnya berasal dari satu kelompok pohon utama yang hampir punah dari Kota China, Wuyishan. Beberapa pohon-pohon ini masih berdiri, tapi tidak akan pernah menumbuhkan teh lagi. Panen terakhir sekelompok semak-semak kuno ini dilakukan pada 2005 dan tersebar di antara para pencinta teh yang rela membelinya dengan harga semahal berlian.

Pada abad ke-19, Inggris pernah begitu terobsesi dengan Da Hong Pao sampai mereka mencuri bijinya dan mencoba menanamnya di India, tapi tidak berhasil. []


Artikel Terkait :

About Susanti

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *