Foto: KQED

Teknologi Baru Berikut Ini Sedang Dikembangkan Oleh Para Peneliti di Jepang

INSPIRADATA. Sebuah teknologi baru sedang dikembangkan oleh beberapa peneliti dari Toyohashi University of Technology Jepang, bekerjasama dengan Facebook dan Elon Musk, mereka kabarnya mengembangkan teknologi yang memungkinkan pikiran manusia dapat diterjemahkan ke dalam kata-kata dengan menggunakan smartphone. Demikian disitat dari Okezone pada Ahad (30/4/2017).

Pengembangan teknologi ini melibatkan sejumlah peserta. Sebuah robot dituntut seketika untuk menebak suatu kata yang diucapkan para peserta. Berdasarkan Electroencephalogram (EEG) brain scan, perangkat ini mampu mencapai tingkat akurasi 90 persen dalam mengenali angka dari nol sampai sembilan dan tingkat akurasi 61 persen, untuk menguraikan suku kata tunggal dalam bahasa Jepang.

“Hingga saat ini, penguraian suara dari sinyal EEG tengah mengalami kesulitan dalam mengumpulkan data yang cukup untuk memungkinkan penggunaan algoritma yang kuat berdasarkan ‘pembelajaran mendalam’ atau jenis pembelajaran mesin lainnya,” kata pihak Toyohashi University.

“Kelompok penelitian telah mengembangkan kerangka kerja penelitian yang berbeda. Sehingga dapat mencapai kinerja tinggi dengan seperangkat data pelatihan kecil,” tambahnya.

Tim peneliti cukup optimis penelitian ini akan menjadi terobosan baru di dunia teknologi, meskipun belum efektif, tapi mereka yakin hasil yang akan dicapai. Saat ini mereka juga tengah berkontribusi untuk teknologi antarmuka brain-computer milik Elon Musk, Neuralink, di mana perangkat ini mampu menerjemahkan secara efektif pemikiran ke dalam kata-kata yang dapat didengar.

Teknologi ini pun memiliki tujuan mulia, salah satunya membantu mereka yang cacat, terutama yang kemampuan bicaranya sudah kurang, mereka masih dapat berkomunikasi dengan menggunakan teknologi ini. []


Artikel Terkait :

About Ferry Ardiyanto Kurniawan

Seorang anak muda dengan cita-cita luhur yang sedang berproses secara perlahan tanpa jeda!

Check Also

Rahasia Televisi, Bisa ‘Membius’ Otak

TV merupakan contoh yang sangat baik sekali bagaimana perangkat ini mempengaruhi pikiran Anda sebagai akibat pengaruh yang ditimbulkannya kepada otak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *