Inspirasi dan Data

Telan Biji Buah Jambu Merah Bisa Usus Buntu? Ini Kata Dokter

0 3

Buah jambu sering dikaitkan dengan penyakit usus buntu. Hal ini sering kita dengar dari orang tua zaman dulu. Mereka sering mengatakan, jika tanpa sengaja menelan biji dari buah jambu biji atau jambu merah, maka akan menderita penyakit usus buntu.

Untuk memperjelas informasi yang masih belum pasti ini, sebaiknya kita tanyakan kepada yang ahli. Dalam hal ini adalah dokter.

Dr Resthie Rachmanta Putri M.Epid dari Klik Dokter mengatakan, penyebab dari usus buntu sampai saat ini belum diketahui pasti. Dokter Resthie menjelaskan, tindakan pencegahan baru bisa dilakukan jika penyebab radang usus buntu sudah kita ketahui.

“Karena itu, tanpa sengaja menelan biji buah tak akan sama sekali menyebabkan usus buntu,” kata dia dikutip dari laman Klik Dokter, Selasa, (14/11/17).

Biji buah yang tertelan dalam jumlah sedikit umumnya bisa dicerna oleh lambung dan dikeluarkan bersama feses.

Di memaparkan, setelah makanan masuk ke mulut dan kita telan, makanan itu akan masuk ke kerongkongan, kemudian lambung, dan turun terus sampai ke usus halus dan usus besar.

Sisa makanan yang tak dapat dicerna dan diserap, akan dikeluarkan dalam bentuk kotoran.

Resthie mengatakan bahwa proses pencernaan ini berlaku untuk makanan apa pun, termasuk jika kita menelan biji buah-buahan.

“Bila biji buah dapat dicerna lambung dan usus, kandungan vitamin dan serat di dalamnya ikut terserap usus. Namun, bila biji buah tidak dapat dicerna, biji tersebut akan dikeluarkan bersama feses,” kata dia menekankan. []

loading...
loading...
Comments
Loading...