Unik, Informatif , Inspiratif

Tentara Ottoman Kalah Akibat Kentang, Kok Bisa?

0

Kehebatan tentara Ottoman menorehkan mereka pada sejarah dunia. Tiga benua ditaklukan tentara Ottoman melalui peperangan besar. Tentara Ottomanlah yang menopang kejayaan dinasti Umayah Turki dalam waktu yang lama.

Sejarah mencatat tentang kemenangan dan kekalahan. Begitu juga tentara Ottoman menemui akhir masa jayanya.

Namun, tahukah Anda jika salah satu penyebab kekalahan tentara Ottoman bukan karena sebab yang besar seperti kendala geografis, jumlah personel, atau lemah adu strategi, melainkan kekalahan sebab sepele, yaitu konsumsi kentang.

BACA JUGA: Erdogan: IMF Tak Berperan dalam Masa Depan Turki

Sebuah teori menarik disampaikan pakar sejarah Ottoman di Universitas Devonshire Inggris, Herberth Smith, bahwa kekelahan militer Ottoman pernah disebabkan kentang.

Kentang melemahkan persendian

Menurut studi, kandungan yang terdapat dalam kentang menyebabkan lemahnya persendian mereka yang mengonsumsinya. Dalam beberapa ekspedisi militer, para personel Ottoman mendapat asupan kentang. Hal ini menyebabkan persendian para tentara lemah.

Baru setelah terungkap faktor penyebab kekalahan mereka adalah konsumsi kentang, akhirnya pada Perang Chankali, mereka memutuskan berhenti mengonsumi kentang dan digantikan dengan gandum serta ‘adas, semacam tanaman palawija.

BACA JUGA: Turki, Teladan Terbaik yang Membantu Pengungsi Suriah

“Berhenti konsumsi kentang akan mengantarkan pasukan Ottoman menduduki posisi kemenangan yang gemilang,” kata Smith.

Kentang didatangkan dari Benua Amerika ke Benua Eropa pada 1577 dan menyebar meluas di benua ini. Kebetulan, penyebaran kentang itu bersamaan dengan masa-masa mulai lemahnya Ottoman. []

SUMBER: REPUBLIKA


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.