terdzalimi, Terdzalimi, Bolehkah Mendoakan Keburukan?
Unik, Informatif , Inspiratif

Terdzalimi, Bolehkah Mendoakan Keburukan?

0

Aniaya atau dalam Islam biasa disebut dengan zalim yang bermakna celaka merupakaan suatu perbuatan yang tidak Allah Sukai. Perbauatan zalim secara istilah dapat diartikan sebagai berbuat aniaya atau mencelakakan orang lain dengan maksud dan cara yang keluar dari ajaran syariat Islam.

Berbagai macam perbuatan yang dapat dikategorikan dalam tindakan zalim akan sangat banyak jika diuraikan. Namun, sebagian dapat dicontohkan seperti memelihara penyakit hati, membicarakan saudara, mengumbar aib tetangga, dan sebagainya.

BACA JUGA: Orang Dzalim Miliki Nikmat Duniawi Berlimpah, Kenapa?

Maka perbuatan-perbuatan tersebut sangat merugikan bagi pelakunya. Sebab dalam firman Allah yang berbunyi, “Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat zarah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barang siapa yang mengerjakan kejahatan seberat zarah pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula.” (QS Al-Zaljalah : 7-8)

Adapun hal yang sering dibahas ialah keutamaan doa orang yang teraniaya atau terdzalimi.

BACA JUGA: Hati-hati, Ini 3 Sumpah Rasulullah yang Pasti Terjadi!

Sebab ada keuntungan bagi orang-orang yang terdzalimi. Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Takutlah kepada doa kaum yang teraniaya, sebab tidak ada hijab antaranya dengan Allah (untuk mengabulkan).” (HR Bukhari)

Islam mengajarkan perbuatan baik untuk melawan dzalim dan akan meruntuhkan segala doa yaitu dengan cara memaafkan.

Jadi, sebagai muslim yang baik perlu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari diantaranya adalah menghindari perbuatan zalim serta mengampuni mereka yang mendzalimi. []

SUMBER DALAM ISLAM


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.