Unik, Informatif , Inspiratif

Terkait Surat Suara, KPU: Tidak Ada yang Dicetak di China

0

Jakarta — Komisioner KPU, Ilham Saputra, membantah kabar yang menyebutkan ada 7 kontainer atau 10 juta surat suara yang dicetak di China. Ia menegaskan mulainya produksi urat suara pemilu legislatif, pemilu presiden dan Dewan Perwakilan Daerah.

Bantahan itu menjawab terkait cuitan dari beberapa elite partai dan pendukung pasangan capres-cawapres tertentu, yang mengabarkan ada indikasi 7 kontainer itu.

BACA JUGA: Berkat Deteksi Suara, Polisi Tangkap Pembuat Hoax 7 Kontainer Surat Suara

Di sela-sela peninjauan percetakan di PT Gramedia, Palmerah Jakarta Barat, Minggu 20 Januari 2019, Ilham Saputra mengatakan jika semua surat suara dicetak di Indonesia, bukan di China.

“Kami tegaskan tidak ada surat suara yang dicetak di China, nggak ada. Semua di Indonesia. Tidak ada yang di China. Untuk mastikan kualitas sesuai nilai kontrak kami,” kata Ilham.

Komisioner Bawaslu, Fritz Edward Siregar pun ikut mengawasi proses percetakannya.

“Termasuk penyimpanannya sehingga bersama KPU kami akan awasi apakah jumlah yang dicetak sesuai kualitas dan jumlahnya sebagaimana yang disetujui di kontraknya,” kata Fritz.

BACA JUGA: Polisi Berhasil Tangkap Buzzer 7 Kontainer Surat Suara

Dia berusaha meyakinkan bahwa keamanan juga diawasi oleh Bawaslu. Jadi nantinya surat suara itu terdistribusi dengan baik dan benar.

“Kami bersama-sama KPU, baru saat ini dicetak dan tidak ada yang dicetak sebelum ini. Kami akan awasi ketat, dan tidak ada yang melebihi saat keluar pabrik. Yang lebih akan dimusnahkan di pabrik,” katanya. []

SUMBER: VIVA


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.