Inspirasi dan Data

Terlalu Banyak Konsumsi Gula Akibatkan 8 Hal Ini

0

Seperti halnya minyak, gula juga menjadi bahan makanan yang sering kita temukan. Rasanya yang manis membuat gula banyak disukai. Namun di balik rasa manisnya itu, gula mempunyai dampak buruk bagi kesehatan apalagi jika terlalu banyak dikonsumsi.

Bagi Anda yang terlalu banyak mengonsumsi gula, delapan ‘penyakit’ ini mungkin akan Anda alami.

1. Selalu Ingin Mengemil
Gula diproses tubuh dengan sangat cepat sehingga Anda tidak sempat memproses perasaan kenyang. Ini mengakibatkan rasa lapar sehingga ngemil menjadi jalan keluarnya.

2. Smoothie Overload
Jus yang isinya 100% buah hanya akan menaikkan asupan gula pada tubuh. Meski natural, buah sebaiknya dicampurkan dengan protein dan sayuran untuk sebuah smoothie yang lebih bergizi.

3. Insomnia
Dikutip dari laman Cosmopolitan, terlalu banyak mengkonsumsi gula di malam hari dapat mengacaukan pola tidur dan mengacaukan keseimbangan hormon tubuh. Kecenderungan insomnia akan Anda alami lambat laun.

4. Energi Naik-Turun
Menurut Lori Williams dari Ohio State University Wexner Medical Center, kebiasaan Anda mengkonsumsi kalori kosong akan memberikan dampak terhadap level energi Anda. Karena gula darah Anda naik dan turun dengan cepat, Anda hanya akan merasa enerjik untuk sementara sebelum merasa lelah.

5. Perasaan Kembung
Saat Anda terlalu sering mengkonsumsi gula, perut Anda akan merasa kembung karena gula melambatkan metabolisme tubuh dan menampung air. Bila Anda sering merasa kembung, periksalah ke dokter untuk memastikan keadaan tersebut.

6. Masalah Pencernaan
Bakteri jahat dalam tubuh Anda akan mengkonsumsi ragi dari gula dan mengakibatkan konstipasi, perut kembung, diare, dan kondisi pencernaan lainnya. Untuk menstabilkan kondisi tubuh, berjalanlah selama 15 menit.

7. Sakit Kepala
Mengkonsumsi banyak gula akan menaikkan energi Anda, kemudian membuat Anda merasa seperti sedang hangover: sakit kepala, kembung, dan konsentrasi yang menurun. Seimbangkan diet Anda dengan memakan protein dan lemak.

8. Timbul Jerawat
Yang paling banyak terjadi karena konsumsi gula berlebih adalah timbulnya jerawat di wajah Anda.  Banyak riset menghubungkan jerawat dengan konsumsi gula.

loading...
loading...
Comments
Loading...