Unik, Informatif , Inspiratif

Terlambat Datang ke masjid Waktu Ceramah Jum’at, Apakah Harus Solat Tahiyatul Masjid?

0

Mendengarkan khotib dalam khutbah Jum’at adalah sebuah rukun dalam rangkaian solat Jum’at. Namun jika kita ketinggalan dalam mendengarkan khutbah Jumat dan belum melakukan solat tahiyatul masjid yang jarang sekali Rasul tinggalkan, apakah yang harus kita lakukan?

Imam Nawawi rahimahullah berkata, “Menurut madzhab kami –madzhab Syafi’i- disunnahkan baginya untuk shalat dua raka’at yaitu shalat tahiyyatul masjid. Ia memperingan shalat tersebut dan makruh meninggalkannya”

Inilah pendapat dari Al-Hasan Al-Bashri, Makhul, Al-Maqbari, Sufyan bin ‘Uyainah, Abu Tsaur, Al-Humaidi, Ahmad, Ishaq, Ibnul Mundzir, Daud dan ulama lainnya.” (Al-Majmu’, 4: 299)

Related Posts
1

Menghadiri Jumat Lebih Awal

Adakah dalil dalam masalah ini?

عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ جَاءَ رَجُلٌ وَالنَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم – يَخْطُبُ النَّاسَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ فَقَالَ « أَصَلَّيْتَ يَا فُلاَنُ » . قَالَ لاَ . قَالَ « قُمْ فَارْكَعْ »

“Dari Jabir bin ‘Abdillah, ia berkata, ada seseorang yang datang dan saat itu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sedang berkhutbah pada hari Jum’at. Nabi bertanya padanya (di tengah-tengah khutbah), “Apakah engkau sudah shalat wahai fulan?” “Belum”, jawabnya. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas memerintahkan, “Berdirilah, shalatlah.” (HR. Bukhari no. 930).  []

 


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.