fakta Orangutan
Foto: Satumedia

Termasuk Hewan Langka di Indonesia, Inilah 5 Fakta Unik Orangutan

Orangutan ialah hewan sejenis kera besar. Hewan ini memiliki lengan panjang dan berbulu kemerahan atau cokelat. Orangutan hidup di hutan tropika Indonesia dan Malaysia, khususnya di Pulau Kalimantan dan Sumatera.

Terdapat beberapa fakta Orangutan yang belum orang tahu, seperti fakta Orangutan Sumatera yang merupakan spesies yang terlangka saat ini.

Agar semakin menambah wawasan Anda, dikutip dari Satumedia, berikut beberapa fakta unik dari hewan langka yang ada di Indonesia tersebut:

1. Orangutan nyaris mirip manusia.
Hewan mamalia ini memang memiliki kekerabatan dekat dengan manusia, tingkat kesamaan DNA orangutan dengan manusia adalah sebesar 96,4 persen. Kedua mamalia ini ada pada tingkat kingdom animalia.

2. Orangutan sangat suka tidur.
Orangutan memiliki kecenderungan untuk banyak tidur di atas pohon. Mereka tidak hanya tidur panjang di waktu malam mulai dari matahari tenggelam hingga terbit keesokan harinya, namun juga bahkan mengatur waktu untuk tidur siang mereka disela waktu aktivitas siang mereka.

3. Orangutan dapat memanggil dari jarak 1 Km.
Orangutan jantan mampu membuat panggilan jarak jauh yang dapat didengar sampai radius 1 km. Panggilan ini digunakan untuk menandai atau mengawasi arealnya, memanggil sang betina, mencegah orang utan jantan lainnya yang mengganggu. Orangutan jantan mempunyai kantung tenggorokan yang sangat besar yang membuat mereka mampu melakukannya.

4. Orangutan sangat kuat.
Menurut informasi dari Orangutan Information Center, orangutan memiliki kekuatan enam kali lipat manusia dewasa, memiliki 4 tangan dan juga gigitan yang sangat kuat. Tetapi pada umumnya orangutan mempunyai sifat tenang dan tidak berbahaya jika tidak diganggu.

5. Orangutan termasuk hewan pintar.
Primata ini dikenal hebat dalam hal observasi lingkungan dan imitasi tindakan. Kepintarannya ditunjukan dengan cara memanfaatkan benda di sekitar untuk mencari makan ataupun berlindung dari ganasnya kondisi alam. []


Artikel Terkait :

About Fajar Zulfikar

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *