Foto: batenplus

Ternyata, Baiknya Makan Harus Pakai Tangan

Di zaman modern ini, apalah yang dianggap banyak orang tentang makan dengan tangan. Banyak yang berpikir kalau sendok dan garpu sudah ada, kenapa harus pakai tangan? Ternyata, ada banyak manfaat lho di baliknya.

Ya, makan dengan tangan terdapat beberapa kelebihan daripada pakai sendok. Terlebih, sebagian kalangan menyebutkan makan dengan tangan itu adalah sunnah. Menurut pendapat ilmiah pada tangan kita mengandung enzim RNase yang bertugas menghambat perkebangan bakteri dalam makanan.

Nah, ketika kita makan dengan tangan akan otomatis menyampurkan enzim tadi dengan makanan yang masuk ke mulut kita dan membantu meminimalkan bakteri makanan yang dimakan.

Enzim RNase ini juga berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh kita terhadap serangan bakteri patogen. Saat tangan kita kotor, enzim tersebut banyak dikeluarkan untuk mengurangi aktivitas bakteri.

Sunnah pun menjelaskan bahwa makan sebaiknya dengan tiga jari dan tangan kanan.

Untuk tempat dan proses prokduksi enzim RNase ini. Enzim ini akan terus diproduksi selama kita mengambil makanan dan masuk ke dalam tubuh, sehingga kekebalan tubuh menjadi lebih kuat. Enzim RNase ini lebih banyak diproduksi di tangan kanan, utamanya jari tengah, telunjuk, dan ibu jari.

Memang benar, sendok yang digunakan untuk makan terlihat lebih bersih. Namun, benarkah faktanya demikian? Sebenarnya kuman ada di udara terbuka. Jika ingin sendok yang digunakan bebas dari kuman, maka kita harus meletakkannya di tempat yang steril sekali dengan proses pencucian steril pula.

Nah, apa mungkin rumah selalu dalam keadaan steril? Artinya, sendok yang kita gunakan untuk makan pun mengandung banyak bakteri karena terkontaminasi dengan udara luar.

Sumber: Infomanfaat


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Bahaya Menelepon Saat Hujan, Wajib Tahu

Jadi berhati-hatilah menelepon di saat hujan apalagi disertai dengan petir. Bisa-bisa Anda kehilangan nyawa karena hal sepele tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *