, Ternyata Bedong Mempunyai Manfaat Tersembunyi di Baliknya
Unik, Informatif , Inspiratif

Ternyata Bedong Mempunyai Manfaat Tersembunyi di Baliknya

0

Orang tua zaman dulu sering sekali menasihati tentang bagaimana cara mengurus bayi seperti bayi perlu dibedong supaya kakinya lurus.

Mungkin jika dipikir dengan logika, tidak masuk akal dan tidak ada hubungannya antara membedong bayi dengan struktur kaki atau tubuhnya.

Di balik hal tersebut, ternyata memang membedong bayi itu ada manfaatnya bagi sang bayi, namun bukan supaya kakinya lurus. Lalu apa saja manfaatnya?

1. Mengurangi risiko kematian mendadak pada bayi
Risiko kematian memang bisa terkena pada bayi terutama pada bayi yang tidur dalam posisi tengkurap.
Saat dibedong, bayi akan tidur dengan wajah ke atas dan jarang akan bergerak ke kanan atau ke kiri selama tidur. Dengan membedong bayi lah, bisa mengurangi risiko bayi bergerak saat tidur hingga akhirnya posisinya jadi tengkurap.

2. Tidur lebih nyenyak
Ketika bayi dibedong ia akan merasa lebih nyaman dan meningkatkan jumlah REM (rapid eye movement) yang membuat bayi jarang terbangun di tengah malam.

3. Menjaga suhu tubuh agar tetap stabil
Menurut dr. Wiyarni Pambudi, SpA., IBCLC dalam tabloid Nakita Edisi 937, bayi membutuhkan waktu untuk terbiasa atau beradaptasi dengan suhu sekitarnya. Kain bedong yang membalut tubuh bayi seolah pelukan dinding rahim yang dikenal bayi selama dalam kandungan.
Oleh sebab itu, membedong khususnya pada bayi baru lahir menjadi prosedur yang umum dilakukan saat di rumah sakit.

4. Menenangkan bayi yang rewel atau menangis
Sebuah studi yang diterbitkan Journal of the American Society mengungkapkan bahwa membedong bayi akan mengurangi tangisan sebesar 42% pada bayi yang berusia 0-8 minggu.

Selain itu, saat akan membedong bayi, ibu pun harus memilih kain yang nyaman. Karena kain yang terlalu tebal akan membuat bayi kepanasan dan justru tidak merasa nyaman, dan jangan membedong bayi terlalu ketat, karena fungsi bedong itu untuk memberikan rasa nyaman pada bayi. []

Sumber : Tribunnews.com


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.