Obat PCC
Bintang.com

Ternyata Ini Fungsi Sebenarnya Obat yang Buat Puluhan Remaja Masuk Rumah Sakit Jiwa

Irjen Arman Depari, Deputi Pemberantasan Badan Narkotika Nasional (BNN) mengatakan, Paracetamol Caffein Carisoprodal (PCC) berkategori obat keras

PCC sebenarnya hanya dikonsumsi penderita penyakit jantung untuk mengurangi rasa sakit. 

Obat dengan nama PCC ini menjadi perbincangan setelah diduga menjadi penyebab puluhan anak remaja di Kendari, Sulawesi Tengah, masuk rumah sakit jiwa karena meracau dan tak sadarkan diri. Bahkan satu bocah yang masih duduk di Sekolah Dasar dilaporkan tewas.

“(PCC) Dapat digunakan untuk obat jantung,” kata Arman, di Jakarta, Kamis (14/9/17).

Karena tergolong obat keras, PCC seharusnya hanya bisa didapat melalui resep dokter. Sebab, konsumsi tanpa anjuran pemakaian dapat mengakibatkan efek samping luar biasa.

” Fungsi utamanya memang sebenarnya adalah untuk menghilangkan rasa sakit atau pain killer,” ujar Arman yang dikutip dari Dream.co.id.

Efek samping yang dirasakan pengguna PCC secara berlebihan ini adalah mual-mual, kejang-kejang dan rasa sakit yang menjalar di seluruh tubuh. Efek samping terparah, PCC dapat mengakibatkan seseorang akan hilang kesadaran dan berhalusinasi.

Efek samping inilah yang dirasakan puluhan siswa di Kendari. 50-an siswa SD hingga SMA dirawat karena terkena efek samping terparah PCC. Mereka mengalami halusinasi dan kesakitan. Satu orang siswa SD bahkan dinyatakan meninggal dunia usai meminum PCC. []


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *