penyebab wanita ngidam, Ternyata Ini Penyebab Ibu Hamil Ngidam
Unik, Informatif , Inspiratif

Ternyata Ini Penyebab Ibu Hamil Ngidam

0

Sudah menjadi kodrat seorang wanita untuk menjadi seorang ibu. Wanita dilahirkan untuk mengandung, ia memiliki rahim yang kelak akan tempati oleh calon anak-anaknya kelak.

Salah satu hal yang tidak dapat dipisahkan selama masa kehamilan adalah ngidam. Istilah ngidam sebenarnya hanya dapat Anda jumpai di Indonesia. Kondisi ibu saat ngidam beragam, dimulai keinginan yang biasa sampai hal luar biasa. Tak heran kondisi tersebut membuat suami sebagai orang terdekat kewalahan menuruti permintaan istri mereka.

“Mas, bayi kita mau makan duren. Sepertinya saya ngidam itu deh Mas.”

“Mas, bayi kita mau pegang kapal pesiar. Sepertinya saya ngidam itu.”

BACA JUGA: Selain Karena Hamil, Ini Penyebab Wanita Telat Datang Bulan

Itulah beberapa kalimat yang mungkin sering keluar dari para ibu hamil yang ngidam. Masyarakat di Tanah Air memiliki pandangan jika keinginan ngidam sang Ibu, maka kelak bayinya akan “nyeces”. Pandangan ini menyebar luas di kalangan masyarakat. Padahal sampai saat ini belum ada penelitian yang falid tentang hubungan ngidam dan bayi ileran saat ngidam sang ibu tidak dipenuhi.

Namun, tahukah Anda jika ngidam ternyata memiliki sebab dan alasan?

Seorang wanita akan mengalami pergeseran dalam produksi hormon. Kondisi tersebut memicu produksi hormon leptin yang berfungsi merangsang metabolisme dan nafsu makan meningkat dari kondisi biasanya.

BACA JUGA: Hamil Hasil Zina dengan Pacar, Apakah Boleh Langsung Dinikahkan?

Tak hanya itu, dilansir Psychologytoday, seorang ibu hamil juga memproduksi zat yang disebut neuropeptide y (NPY). Zat NPY sendiri adalah zat yang dapat memicu nafsu makan pada manusia.

Studi terbaru menunjukan bahwa kondisi saat hamil meningkatkan produkti NPY pada wanita. Sehingga, tak heran jika saat hamil banyak wanita yang memiliki keinginan berbagai jenis makanan. Hal tersebut berbanding lurus dengan meningkatnya hormonal pada wanita saat hamil. []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.