Unik, Informatif , Inspiratif

Ternyata Panda Pernah Makan Daging

0

Sebuah penelitian terbaru menyebutkan bahwa pada masa evolusinya, panda pernah mengonsumsi daging atau karnivora.

Penelitian itupun menjelaskan, panda sebenarnya memiliki diet yang jauh lebih bervariasi beberapa ribu tahun yang lalu.

BACA JUGA:

Mata Panda dan Cara Menghilangkannya

Itu berarti mereka seperti beruang yang masih memiliki kebiasaan makan daging seperti sekarang. Bahkan panda modern, masih memiliki pencernaan karnivora dan kadang-kadang makan daging.

Penelitian ilmuwan mengenai panda pernah makan daging telah dipublikasikan di jurnal Current Biology. Peneliti menemukan bahwa panda ternyata tidak makan bambu secara eksklusif dari jutaan tahun lalu.

Sebaliknya, mereka ternyata berhenti makan daging dan melakukan diet vegetasi yang bervariasi hingga setidaknya 5.000 tahun yang lalu. Untuk membuat kesimpulan tersebut, peneliti mencari tahu makanan panda selama berabad-abad lalu dengan mengananalisis komposisi isotop.

Peneliti menganalisis isotop yang ditemukan di gigi, rambut, dan tulang mereka. Dengan mencari rasio isotop yang berbeda, peneliti dapat mengungkapkan wawasan tentang habitat, kondisi lingkungan, dan makanan mereka.

Setelah mempelajari panda-panda modern, tim peneliti kemudian beralih ke 12 fosil panda kuno yang dikumpulkan dari tujuh situs arkeologi di China selatan.

BACA JUGA: Bakteri Pemakan Daging, Picu Borok pada Ratusan Warga Australia

Dikutip dari IFLScience, panda kuno tersebut diperkirakan berasal dari 5.000 hingga 7.000 tahun lalu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa panda modern dan panda kuno memiliki keseimbangan isotop yang cukup berbeda satu sama lain.

Itu menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dalam diet mereka. Namun demikian, masih tetap menjadi misteri mengapa panda berevolusi dengan diet ”terbatas super” khusus tanaman bambu. []

SUMBER: HITEKNO


Artikel Terkait :

Comments
Loading...

Kamu Sedang Offline