Foto: Ralph Lauren

Ternyata, Perlakuan Seorang Ayah akan Berpengaruh Terhadap Kesehatan Ibu dan Bayinya

INSPIRADATA. Kondisi fisik serta psikologis ibu yang baru melahirkan akan sangat berubah dari biasanya. Perlu dukungan sang ayah untuk mengurusi segala urusan sehari-hari ibu, seperti mengurus bayi dan urusan rumah tangga lainnya. Hal ini terdengar sederhana, tetapi mampu memengaruhi kesehatan ibu, bahkan sang bayi juga.

Seperti dilansir oleh Dream.co.id pada Minggu (30/4/2017). Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Penn State University, Amerika Serikat, mengungkap bahwa ada satu kondisi dimana bayi akan sering rewel, kondisi tersebut dinamakan kolik atau kembung. Kondisi ini bukan berasal dari bayi itu sendiri, tapi dipicu oleh psikologis ibu yang stres, sehingga ‘menular’ kepada sang bayi.

Ketika sang bayi stress, ia akan merasa tidak nyaman, rewel dan kolik tadi (perut kembung). Bagaimana solusi terkait ini? Disini peran sang ayah, resiko terjadinya bayi stres dapat dicegah. Caranya dengan membantu ibu.

Lakukan dengan hal-hal kecil terlebih dahulu, seperti membawakan air atau memijat sang ibu. Ternyata, kebahagiaan ibu adalah kunci agar sang bayi tenang dan tidak rewel. Hal ini sudah dibuktikan dengan melibatkan 3.006 ibu, dengan psikologis yang berbeda-beda.

Kondisi bayi juga dilihat sebagai perbandingan, termasuk intensitas menangisnya setiap hari.
Tim peneliti juga menganalisis secara mendalam bagaimana kepuasan ibu terhadap dukungan pasangan, keluarga dan komunitas, dan menghubungkannya pada kondisi bayi. []


Artikel Terkait :

About Ferry Ardiyanto Kurniawan

Seorang anak muda dengan cita-cita luhur yang sedang berproses secara perlahan tanpa jeda!

Check Also

alasan suami selingkuh

Perhatikan, 5 Hal Sepele Ini Bisa Jadi Tanda Pasangan Anda tengah Berselingkuh

Meski demikian, ada juga orang yang tetap biasa saja dengan HP. Kemana-mana dia tidak perlu terlalu sering memegang handphone. Membuka handphone kalau ada notifikasi saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *