Unik, Informatif , Inspiratif

Ternyata, ‘Planet of the Apes’ Ada di Dunia Ini

0

Tentunya kita pernah menonton atau setidaknya pernah mendengar ‘Planet of the Apes’ yang menggambarkan soal kehidupan simpanse di sebuah pulau. Nah, ternyata ada tempat yang nyata di belahan dunia ini.

Pulau itu bernama Monkey Island di pedalaman hutan Afrika Barat, Liberia. Monkey Island menjadi rumah bagi lebih dari 60 ekor simpanse yang semuanya terinfeksi penyakit menular. Mereka diisolasi di sana sekitar 2013 setelah digunakan sebagai obyek penelitian medis dan sekarang mereka hidup secara liar.

Simpanse-simpanse di Monkey Island digunakan sebagai obyek penelitian Vilab Medical Research. Mantan Kepala Program Vilab, Betsy Brotman yang tinggal di pulau tersebut mengatakan bahwa dia hidup di sana selama terjadinya perang saudara di Liberia.

Related Posts
1

Hari HAM Sedunia, Sudahkah 6 Hak Ini Terpenuhi?

Suaminya bahkan menjadi korban penembakan dalam konflik tersebut. Brotman berhasil memberikan perlindungan pada simpanse-simpanse ini bersama dengan kelompok wanita lain dan anak-anak.

“Ketika kami mengungsi ke pulau untuk memberi makan simpanse ini, kami sering melihat mayat mengambang di air. Kadang-kadang mayat wanita dengan bayinya yang diikat di belakang,” kenangnya, Senin (26/03/2018) dilansir dariCNet.

Kini, Monkey Island dinyatakan bebas dari penyakit. Pulau ini benar-benar menjadi pulau seperti difilm Hollywood tersebut. Simpanse-simpanse ini secara khusus mendapatkan makanan hasil dari bantuan New York Blood Center, Amerika Serikat (AS). []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Kamu Sedang Offline