Foto: Eat Right Ontario

Ternyata Rajin Sikat Gigi Pun Bisa Cegah Pikun

Selain membersihkan gigi dan mulut, mengikat gigi pun dapat mencegah pikun, lho.

Sebuah studi dari University of Southern California menemukan bahwa mereka yang tidak rajin menyikat gigi secara rutin, berpotensi 22 hingga 65 persen berisiko besar terhadap demensia dibandingkan mereka yang menyikat giginya tiga kali sehari.

Kaitan antara keduanya mungkin berada pada proses yang disebut peradangan dini.

BACA JUGA: Berdarah saat Sikat Gigi? 5 Penyakit Ini Mungkin Anda Derita

Perlu dipahami, Demensia merupakan salah satu penurunan fungsional yang terjadi pada otak. Ini berdampak pada perubahan seseorang terhadap cara berpikir dan berinteraksi dengan masyarakat.

Dilansir Reader’s Digest, Menurut co-author Let Them Eat Dirt, Brett Finlay mengatakan bahwa keduanya berkaitan dengan kondisi inflammaging. Di mana, itu merupakan kondisi kronis yang sangat minim mengaktivitasi sistem imun untuk melindungi tubuh.

Saat bakteri jahat berkembang biak di gusi, racun dari bakteri itu memicu peradangan di gusi. Nantinya, berkembang ke seluruh tubuh, di mana seluruh peradangan itu memicu demensia dan penyakit jantung.

Menyikat gigi secara rutin dapat membantu tubuh menghindari peradangan kecil di gusi. Dengan begitu, peradangan ke seluruh tubuh dapat terhindarkan dan mencegah proses demensia terjadi. []

Source: viva.co.id


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Bahaya Menelepon Saat Hujan, Wajib Tahu

Jadi berhati-hatilah menelepon di saat hujan apalagi disertai dengan petir. Bisa-bisa Anda kehilangan nyawa karena hal sepele tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *