cara seduh teh
Foto: masternorthard

Ternyata, Teh Basi Punya Ragam Manfaat

teh basi
teh basi (Foto: masternorthard)

INSPIRADATA. Eits, ternyata tidak semua teh basi lho yang bisa dimanfaatkan serta bermanfaat. Adalah jenis teh hitam yang telah didiamkan selama semalaman dan bersih dari kendungan lain lah yang dapat dimanfaatkan.

Sambil minum teh hangat di pagi hari, simaklah beberapa manfaatnya berikut ini:

Membuat Kulit Wajah Lebih Sehat

Manfaat dan khasiat teh basi untuk membuat kulit wajah lebih sehat, yang sudah lama diketahui sebagai ramuan teh basi untuk menyehatkan kulit wajah. Teh yang telah basi tanpa campuran apapun seperti gula, dapat membuat kulit wajah lebh cerah dan lembut. cara pemakaiannya pun sangatlah mudah, hanya dibasuhkan ke muka (dijadikan air pencuci muka).

Menyehatkan Mata

Teh basi juga memiliki manfaat untuk menyehatkan untuk mata. Cara penggunaannya hanya tinggal mencelupkan wajah ke dalam teh basi kemudian buka mata perlahan. Lakukan untuk beberapa detik. Mata akan terasa lebih fresh.

Selain untuk menyehatkan mata yang lelah dengan cara direndam, teh basi juga bisa digunakan sebagai kompres mata Cara penggunaan untuk mengkompres mata dengan teh basi, gunakan teh basi yang berbetuk kantung. Atau yang dilapisi bungkus khusus (teh celup). Taruh di atas mata selama minimal 15 menit.

Menghilangkan Lingkaran hitam di mata

Khasiat teh basi untuk keindahan berikutnya adalah dengan menghilangkan mata panda. Caranya cukup Taruh beberapa es batu dan kantong teh ke dalam kain. Diletakkan di atas mata dan diamkan selama 5 menit.

Menghilangkan jerawat

Cara menghilangkan jerawat dengan menggunakan teh basi mudah dan efektif. Caranya cukup mudah yaitu dengan menempelkan kantong teh pada jerawat. Diamkan setidaknya 10 menit lalu bilas dengan air hangat. Lakukan tiga kali seminggu untuk hasil yang optimal. Jika jerawat -jerawat meradang, lakukanlah lebih sering agar cepat hilang.

BACA JUGA
Teh, 4 Manfaatnya yang Mungkin Belum Anda Ketahui
6 Cara Alami Tingkatkan Daya Kualitas Otak

Mengatasi komedo

Teh basi bukan hanya dapat menghilangkan jerawat, tetapi ia juga bisa untuk mengatasi masalah gangguan komedo. Caranya hanya dengan mengoleskan teh basi di bagian hidung dan dagu, diamkan selama 10-20 menit dan bilas dengan air bersih atu air dingin berguna untuk menutup pori – pori yang melebar pada kulit.

Menghambat penuaan dini

Teh basi dapat menghaluskan dan mencerahkan kulit, selain itu teh basi juga membantu menghambat penuaan dini. Mengencangkan kerutan wajah, dan menghilangkan garis halus. Cara penggunaanya ialah dengan cara membuat ampas untuk masker wajah, kemudian diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air bersih.

Membuat rambut berkilau

Teh basi dapat membuat rambut lebih sehat dan indah. Car penggunaanya buat seduhan teh seperti biasa tapi jangan tambahkan apapun kedalamnya. Saat akan menggunakannya, bersihkanlah rambut Anda dengan keramas.

Setelah itu, siram teh tersebut diatas kepala. Beri pijat-pijatan lembut agar khasiatnya meresap dengan maksimal. Lalu biarkan sesaat sebelum dibilas.

Menghilangkan ketombe dan rambut rontok

Khasiat teh basi untuk keindahan berikutnya adalah dengan menghilangkan ketombe dan rambut rontok. Selain dapat digunakan untuk perawatan kulit, teh basi juga bisa mengatasi masalah rambut rusak. Cara penggunaannya cuci kepala dengan air teh basi, lalu diamkan beberapa menit sampai diserap dan kemudian cuci seperti biasa. Lakukan secara rutin bahwa ketombe dan rambut rontok segera menghilang.

Menghilangkan uban

Menghilangkan uban menggunakan teh basi cukup mudah. anda hanya perlu membuat teh basi kemudian campurkan satu sendok teh garam. Tuangkan pada kulit kepala dan pijat dengan lembut, diamkan selama satu jam, lalu cuci menggunakan sampo dan biarkan kering secara alami. Lakukan tips ini secara teratur setidaknya tiga kali seminggu. []

Sumber: alodokter


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *