Foto: News Service

Ternyata, Warna Piring Juga Pengaruhi Nafsu Makan Lho!

warna piring
warna piring (Foto: News Service)

INSPIRADATA. Ada banyak obat atau suplemen penambah nfsu makan di apotek-apotek dan warung, ternyata tak hanya itu yang bisa pengaruhi makan kita. Warna piring pun, ternyata bisa pengaruhi nafsu makan kita.

Pakar diet bernama dr. Brian Wansink yang berasal dari Cornell University’s Food & Brand Lab di Amerika Serikat menyebutkan bahwa warna piring ternyata bisa mempengaruhi seberapa banyak porsi makanan yang kita konsumsi atau seberapa cepat kita akan merasa kenyang.

Tak hanya warna pada piring, warna dinding dari ruang makan, cahaya lampu dari tempat kita makan juga bisa bisa mengendalikan nafsu makan kita.

Dr. Wansink menyebutkan bahwa jika kita mengkonsumsi nasi putih, ada baiknya kita memakai piring dengan warna yang gelap. Adanya perbedaan warna yang kontras ini bisa membuat kita lebih awas pada seberapa banyak porsi nasi yang kita ambil.

BACA JUGA
Makanan Ini Wajib Anda Konsumsi Sebelum Berolahraga
Awas Hati-hati, Setan Ikut Makan Bersama Kita

Jika kita juga menggunakan piring dengan warna yang relatif sama dengan nasi atau makanan yang kita makan, kita akan cenderung mengambil porsi makanan tersebut 18 persen lebih banyak sehingga tentu akan berpengaruh besar bagi berat badan kita.

Penelitian lain dari Harvard Medical School menyebutkan bahwa warna piring layaknya pink pucat atau abu-abu ternyata bisa membuat kita makan dengan lebih tenang, lebih lambat, dan tidak terburu-buruk Selain itu, makan nasi dengan piring berwarna biru tua, merah, atau hitam akan membuat kita lebih baik dalam mengontrol porsi nasi yang kita makan.

Tak hanya nasi, kita juga bisa memperhatikan wadah es krim yang kita konsumsi. Sebagai contoh, jika kita ingin mengkonsumsi es krim vanilla, ada baiknya kita menggunakan wadah berwarna gelap. Sementara itu, es krim cokelat sebaiknya ditempatkan pada wadah dengan warna yang cerah. Dengan perbedaan warna yang kontras antara makanan dan wadah makanan, maka kita pun akan lebih baik dalam mengendalikan porsi makanan yang kita konsumsi.

Sumber: doktersehat


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

dampak buruk bekerja dari rumah

Pekerja Keras Rentan Alami Burnout, Ini Ciri-cirinya

Stres pun biasanya akan datang saat sudah sangat letih bekerja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *