Manfaat wortel
Foto: Manfaat wortel

Ternyata Wortel Tidak Bisa Sembuhkan Mata Minus, Ini Penjelasannya!

Manfaat wortel
Foto: Manfaat wortel

INSPIRADATA. Wortel. Kebanyakan masyarakat menganggap mata yang minus dapat disembuhkan dengan cara mengkonsumsi wortel secara rutin.

Dilansir oleh Tempo, seorang dokter spesialis mata Damara Andalia, mengatakan bahwa mata yang minus tidak dapat disembuhkan dengan cara mengkonsumsi wortel secara terus menerus.

“Mata minus sendiri merupakan kondisi di mana ukuran bola mata memanjang. Melihat jarak jauh dan konsumsi wortel hanya akan membantu mencegah minus bertambah,” ujar Damara.

Damara mengingatkan para orang tua untuk membatasi penggunaan gawai pada anak, dan segera periksa mata mereka jika mengalami gejala seperti anak sering mengedip dan harus melihat sesuatu pada jarak dekat.
Bagaimana dengan mata kering akibat menatap layar komputer? Mata kering akibat kedipan mata berkurang karena fokus menatap layar. Akibatnya rentan memicu gangguan pada mata.

“Mata yang kering mudah mengalami iritasi dan meradang,” ujar Damara.

Salah satu cara mengatasinya adalah melihat jarak 2 meter selama 20 detik setiap 20 menit melihat dalam jarak dekat. Jika mata kering dialami secara terus menerus, bisa jadi mata mengalami gangguan lain, mulai dari produksi air mata yang berkurang, sumbatan kelenjar air mata, infeksi mata, atau konsumsi obat-obatan tertentu. Solusinya adalah penggunaan air mata buatan.

BACA JUGA: 

Mau Wortel, Telur atau Kopi?

“Namun penggunaannya sesuai dengan kondisi dan kebutuhan matanya masing-masing, misalnya, mereka yang matanya meradang diberikan obat mata yang tidak mengandung pengawet,” pungkas Damara. []


Artikel Terkait :

About Nabila Maharani

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *