foto: NinjaMommers

Tertawa, Inilah 8 Fakta Menariknya

foto: NinjaMommers

INSPIRADATA. Seringkali kita tertawa jika ada hal yang lucu. Tapi, apakah lelucon adalah satu-satunya faktor penyebab tawa?

Dilansir dari percikan Iman, berikut ini fakta menarik tentang tertawa:

Faktor penyebab tawa

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa teryata hanya sekitar 20 % tertawa yang disebabkan oleh lelucon.  Sisanya dikarenakan ucapkan selamat tinggal atau saat mereka bertemu dengan orang yang sudah lama tidak jumpa.

Frequensi tawa

Selain itu, frekuensi tertawa akan terus berkurang sesuai dengan pertambahan usia. Anak-anak dapat tertawa sebanyak 300 kali sehari, sedangkan orang tua hanya 15 kali sehari. Demikian dikutip dari healtymass.

Tertawa itu relatif sama

Meskipun setiap orang berasal dari daerah dan kebudayaan yang berbeda, apakah namun cara mereka tertawa akan tetap sama? Ternyata rekaman suara tawa seseorang akan tetap sama meski pita rekamannya dibalik.

Tertawa menjadikan awet muda

Penelitian yang dilansir british.net menunjukkan bahwa jumlah otot yang bekerja pada saat tertawa lebih sedikit dari jumlah otot ketika sedang cemberut. Ketika tertawa, hanya 17 otot kita yang bekerja. Sedangkan ketika mengerutkan dahi, 47 otot kita harus bekerja. Selain itu, orang yang sering tertawa memiliki resiko terkena serangan jantung 40 kali lebih rendah daripada orang yang jarang sekali tertawa.

Tertawa bermanfaat bagi kesehatan

Menariknya lagi, satu menit tertawa sama dengan 20 menit berolahraga. Dengan kata lain, tertawa memang sangat baik untuk kesehatan. Forum Kebangkitan Jiwa dan the Torchbearers menyebutkan banyak sekali manfaat tertawa bagi kesehatan, di antaranya melancarkan aliran darah, mengurangi resiko penyakit jantung, meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan hormon endorphin yang berfungsi sebagai obat penenang alami, memijat paru-paru dan jantung, menurunkan stress, meningkatkan kadar oksigen dalam darah, melemaskan otot-otot, menurunkan tekanan darah, serta menstimuasi otak kanan dan kiri.

Tertawa berlebihan bisa menyebabkan kematian

Walaupun banyak manfaatnya, tertawa berlebihan justru dapat berpotensi menyebabkan kematian. Setelah dilakukan sebuah penelitian, diketehui bahwa orang yang tertawa berlebihan, jantungnya bekerja lebih dari kapasitasnya, bahkan ada yang mencapai 300 denyut jantung/menit. Hal ini tentu sangat berbahaya karena dapat mengakibatkan seseorang terkena serangan jantung.

Kemampuan Tertawa Bayi

Bayi baru bisa tertawa setelah berusia tiga bulan? Pada umumnya, mereka akan tertawa untuk mengekspresikan perasaaan bahagiannya. Selain itu, tertawa juga merupakan salah satu cara bayi agar dapat berkomunikasi dengan orang di sekitarnya. Perilaku tertawa pada bayi juga sangat bermanfaat untuk mempererat hubungan antara si bayi dengan ibundanya.

Hewan juga bisa tertawa

Mereka mempunyai cara sendiri dalam mengekspresikan tawanya. Misalnya seekor tikus akan mencicit kegirangan ketika dikelitiki oleh teman-temannya. Bahkan simpanse pun akan mengalami perubahan pada anatomi dan tarikan nafasnya ketika sedang tertawa.


Artikel Terkait :

About Susanti

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *