olahraga saat perut kosong
Foto: Men's Fitness

Terungkap, Ini Manfaat Tersembunyi dari Aktivitas Berolah Raga

Aktivitas olahraga dipercaya dapat membuat tubuh kita bugar. Semua orang mengetahuinya. Namun, aktifitas olahraga ini juga ternyata memiliki manfaat tersembunyi. Berdasarkan penelitian, ternyata olah raga yang teratur dapat  mempertajam pikiran. Berikut ini penjelasannya:

Penelitian dari University of South Carolina, menemukan bahwa dengan olahraga, treadmill misalnya, bisa memberikan dorongan untuk memperkuat sel-sel di otak.

Ketua tim penelitinya, Dr Mark Davis, mengatakan treadmill membantu meningkatkan energi otak untuk bekerja lebih cepat dan lebih efisien. “Bukti itu menumpuk cepat sehingga latihan membuat otak lebih muda,” katanya seperti dilansir dari dailymail, Sabtu, (3/3).

Dalam jangka pendek, berlari teratur selama 30 menit setiap hari, bisa mengurangi kelelahan mental dan mempertajam pemikiran anda di antara sesi olahraga. Bahkan, bisa menyembuhkan penyakit otak seperti Alzheimer.

Kesimpulan ini didapat, dari penelitian yang dilakukan pada sekelompok tikus. Setengah dari tikus tersebut, diatur untuk berlari pada treadmill kecil selama setengah jam sehari, sementara separuh lainnya dibiarkan tanpa olahraga di kandang mereka.

Dr Davis mengatakan meskipun merupakan penelitian hewan, itu wajar untuk menganggap proses yang sama terjadi dalam otak manusia. Penelitian ini juga telah diterbitkan dalam The Journal of Applied Physiology.[]


Artikel Terkait :

About Susanti

Check Also

Akankan Mou Sukses di Spurs?

Tujuannya jelas: mengarahkan klub kembali ke empat besar dalam jangka pendek dan, selama 18 bulan ke depan, mendapatkan beberapa trofi. Bisakah Mou?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *