pabrik petasan
Foto: Tribunnews

Terungkap, Ini Penyebab Kebakaran Pabrik Petasan Tangerang

Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya mengungkapkan penyebab terjadinya kebakaran dan ledakan di pabrik kembang api di Kosambi, Tangerang, Banten. Ternyata, kejadian yang menewaskan puluhan pekerjanya ini dipicu oleh bahan baku kembang api yang terkena percikan api dari las.

Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya Kombes Nico Afinta mengatakan, sebelum peristiwa yang menewaskan puluhan korban itu, penanggung jawab pabrik kembang api, Andri Hartanto, meminta tukang las bernama Subarna Ega melakukan pengelasan.

“Jadi tersangka Andri pada hari itu meminta tersangka Subarna untuk melakukan pengelasan. Percikan api las lalu mengenai bahan-bahan kembang api, lalu memicu ledakan,” terang Nico di Mapolda Metro Jaya, dilansir liputan6, Sabtu (28/10/17).

Oleh karena itu, polisi menetapkan Andri dan Egi sebagai tersangka. Polisi pun menyangkakan Pasal 359 dan Pasal 188 KUHP kepada keduanya.

“Penyebab kebakaran ini adalah percikan las yang menyambar ke bahan pembuatan kembang api,” ucap Nico.

Dia berpendapat, seharusnya, pengelasan tidak lakukan bersamaan dengan waktu produksi petasan. Oleh karena itu, Nico menyimpulkan PT Panca Buana Cahaya Sukses menyalahi prosedur operasional.

“Subarna Ega adalah tukang las yang diperintahkan penanggung jawab pabrik Andri Hartanto. Andri menyeruh untuk las gedung bagian atas. Di sanalah menyambar kembang api,” terang Nico. []


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *