Unik, Informatif , Inspiratif

Tetap Kaya dengan Gizi setara UMP, Ini Caranya

Mari kita buat resolusi keuangan kita sebagai berikut:

0 56

Di zaman serba mahal, rasanya mustahil dengan upah Minimum Provinsi alias UMP Jakarta pada tahun 2019 bakal naik jadi Rp 3.940.973. bisa untuk membeli rumah. UMP tersebut tentunya harus sudah mampu menopang kebutuhan dasar.

Melalui Peraturan Gubernur DKI Jakarta No. 114 tahun 2018. Pelaksana harian (Plh) Gubernur DKI Jakarta, secara resmi UMP untuk provinsi Jakarta tahun 2019 telah ditetapkan.

UMP ini naik 8,03 persen dari UMP sebelumnya yang berjumlah Rp 3.648.035. Sekalipun telah mengalami kenaikan, tetap terasa berat bagi karyawan untuk menabung.

BACA JUGA: Yuk Intip Gaji PNS

Tapi bagi yang bisa melakukan perhitungan tepat, dan melakukan kebijakan ketat untuk keluarga, maka memilki rumah menjadi hal yang yang terwujud. Hal yang terberat saat membeli KPR, adalah pemberian uang muka atau DP.

Mari kita buat resolusi keuangan kita sebagai berikut:

1. Rp 1 juta untuk menabung DP rumah.

Setiap menerima gaji, sisihkan uang sebesar i juta. Hal ini dilakukan dalam setahun, untuk keperluan DP KPR. Namun harus diingat juga bahwa harga bisa saja berubah. Sekalipun rumah yang kita incar adalah rumah bersubsidi dengan harga murah.

Perlu diingat, bahwa salah besar jika kita mencoba menabung dari duit sisa pengeluaran. Jika itu yang kita lakukan, maka jangan aneh, bila akhirnya kita tak bisa menabung.

2. 50 persen gaji untuk kebutuhan pokok

Bagaimana cara mengalokasikan dana untuk kebutuhan pribadimu? Sebut saja buat makan, beli pulsa, bayar internet, transportasi, dan sebagainya?
Kalau dipikir-pikir, 50 persen dari Rp 3,9 juta adalah Rp 1,9 juta. Angka tersebut bisa cukup untuk kebutuhan hidup.

Kita tentunya bisa lebih berhemat, sebut saja seperti menggunakan kuota internet yang lebih murah, masak sendiri demi menekan pengeluaran, atau berjalan kaki untuk jarak 200 meter biar gak perlu naik angkot. Lakukan penghematan untuk hal-hal kecil di semua sektor. Listrik, air, gas.

BACA JUGA: Di Juventus, Ronaldo Digaji 16 Ribu Rupiah Per-Detik

Jika memang Rp 1 juta dialokasikan buat nabung DP rumah dan Rp 1,9 juta untuk biaya hidup, itu tandanya masih ada sisa Rp 900 ribuan. Nah buat apa duit sisa tersebut? Mari simak poin selanjutnya.

3. Sisa uang untuk dana darurat

Tujuan adanya dana darurat adalah agar kita gak pusing tidak bingung saat dihadapkan dengan situasi mendesak yang mengharuskan mengeluarkan bujet di luar dugaan. Semisal keluarga sakit, acara keluarga, acara sosial, sedekah. Jadi, ada dana yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Selain bisa disimpan dalam bentuk tabungan, kita juga bisa menyimpan dana ini di emas. []

SUMBER: MONEY SMART

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline