, The Power of Terima Kasih
Unik, Informatif , Inspiratif

The Power of Terima Kasih

0

Apa kata paling mudah, tapi malah sering kehilangan makna saat diucapkan sebagai bagian dari formalitas belaka? Padahal, jika diucapkan dengan penuh ketulusan dan keikhlasan, kata tersebut akan memiliki dampak yang luar biasa.

Ya, kata tersebut adalah “terima kasih”. Sederhana dan tampak sepele. Tapi, coba kita tanyakan pada diri sendiri. Kapan kita terakhir kali berterima kasih sepenuh hati pada seseorang?

Hampir bisa dipastikan, kita memang kerap mengucapkan terima kasih. Saat menerima pemberian seseorang, atau saat mendapatkan hadiah dari orang lain, hingga karena bantuan seseorang kepada kita. Spontan, kita memang mengucapkan terima kasih.

Tapi pertanyaannya, apakah spontanitas tersebut benar-benar dari dalam hati, atau sekadar formalitas karena merasa “wajib” mengucapkan terima kasih?

Apa pun bentuknya, terima kasih punya kekuatan tersendiri untuk mendongkrak sukses seseorang, langsung ataupun tidak langsung. Bayangkan sebuah kondisi ini. Anda menerima bantuan seseorang untuk menyelesaikan pekerjaan yang jadi tanggung jawab Anda.

Lalu, Anda berterima kasih ala kadarnya pada orang tersebut. Bandingkan dengan Anda mengucapkan dengan sepenuh hati ucapan tersebut. Bandingkan pula dengan sama sekali tak mengucapkan terima kasih. Mana yang membuat orang mau membantu Anda lagi?

Hampir semua orang pasti mengatakan akan rela membantu orang lain jika ia mendapatkan ucapan terima kasih yang tulus. Tak mesti berwujud barang atau benda, sekadar ucapan ikhlas terima kasih sudah memberi dampak positif. Minimal, memberi rasa senang dan bahagia.

Itu semua terbukti dari berbagai penelitian yang dilakukan. Seperti yang diungkap oleh Robert A. Emmons, pakar psikologi dari University of California yang menulis buku Thanks!: How the New Science of Gratitude Can Make You Happier.

Dalam penelitiannya, ucapan terima kasih dapat mengikat orang dalam hubungan timbal balik yang saling menyenangkan. Ujungnya bahkan, menurut Emmons ucapan tersebut bisa membuat orang lebih sehat. Sebab, ucapan terima kasih memberi dampak kepuasan batin dan pikiran.

Bahkan, dalam sebuah “permainan” yang sempat dibuat oleh Oprah Winfrey dalam website-nya Oprah.com (berjudul   Oprah’s Thank You Game) menunjukkan fakta bahwa ucapan terima kasih paling tidak memberi dampak tiga hal: mengurangi stres, membantu kita bisa tidur berkualitas, dan meningkatkan imunitas dalam tubuh.

Semua itu menunjukkan bahwa sekadar ucapan terima kasih—bahkan yang terlihat kurang tulus sekali pun—ternyata bisa berdampak banyak. Tentu, yang diucapkan dengan sungguh-sungguh, akan memiliki dampak positif yang lebih besar.

Sebab, dengan ucapan terima kasih yang tulus dan ikhlas, kita akan memenuhi hidup dengan rasa syukur yang mendalam. Sehingga, ujungnya, apa pun yang kita hadapi, akan jauh lebih nikmat untuk dijalani.

Dan bahkan, lebih dari itu, kita tak akan pernah menduga, dari sekadar ucapan terima kasih, akan memunculkan berkat yang tak disangka-sangka.

Jadi, sudahkah kita mengucapkan terima kasih hari ini? []

Sumber


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.