bolehkah mengharapkan kematian
Foto: Brilio

Tiba-Tiba Pusing Saat Puasa, Bagaimana Atasinya?

INSPIRADATA. Seolah-olah kepala kita berputar alias pusing, baik terpejam maupun mata kita terbuka, memang sangat mengganggu. Inilah namanya vertigo.

Bagaimana jika rasa pusing datang tiba-tiba? Apalagi saat kia berpuasa, tak boleh minum atau makan sesuatu yang setidaknya bisa menyegarkan. Biasanya ini terjadi saat perubahan posisi mendadak, misalnya dari duduk ke berdiri. Bila Anda mengalaminya, atasi dengan beberapa cara berikut:

Hentikan pergerakan sejenak

Untuk menghindari jatuh karena pusing yang tiba-tiba, berpeganganlah pada benda kokoh di sekitar Anda seperti dinding atau kursi. Hentikan sejenak pergerakan sampai rasa pusing mereda, lalu lanjutkan aktivitas.

Hindari panas

Pusing dapat juga muncul karena paparan sinar matahari dan udara panas. Karena itu, saat berpuasa, sebisa mungkin hindari paparan sinar matahari langsung atau berada di bawah matahari terlalu lama.

Sesuaikan lingkungan

Pada sebagian penderita vertigo, gejala dapat diredakan dengan mengatur lingkungan sedemikian rupa. Coba redupkan lampu dan hindari suara bising. Duduklah sebentar di ruangan dengan aliran udara yang sejuk untuk membantu meredakan pusing.

Istirahat

Jika cara di atas belum berhasil meredakan pusing, coba pejamkan mata dan tidur sejenak. Jika Anda dalam posisi sedang beraktivitas, hindari tidur terlalu lama karena dapat memicu keluhan yang lebih parah saat bangun; tidur sekitar 15-30 menit juga sudah cukup.

Hubungi Dokter

Bagi penderita vertigo, sebaiknya diskusikan rencana puasa Anda dengan dokter spesialis saraf sebelum memasuki bulan Ramadan. Hal ini untuk mengetahui kemampuan Anda berpuasa dan adakah pengobatan khusus yang perlu dijalani agar ibadah tidak terganggu.

Segera hubungi dokter jika pusing hebat menyerang saat berpuasa dan tidak dapat dikendalikan dengan cara-cara di atas, atau dengan obat rutin yang biasa Anda konsumsi. []

Sumber: Klikdokter


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *