fakta unik mimpi basah
Foto: Healthline

Tidak Bermimpi saat Tidur Berdampak Buruk bagi Kesehatan?

Seberapa sering Anda bermimpi ketika tidur mungkin terkesan seperti pertanyaan sepele. Namun, tidak bermimpi sama sekali ketika tidur ternyata berhubungan dengan kualitas tidur yang buruk, bahkan bisa berdampak berbahaya bagi kesehatan.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa banyak orang yang tidak menyadari jika dirinya sudah tidak lagi bermimpi saat tidur. Hal ini diduga berkaitan dengan tingkat depresi atau seseorang yang tidak bisa lagi tidur hingga ke tahapan rapid eye movement (REM), salah satu tahapan tidur yang membuat kita bisa bermimpi.

Dikatakan Rubin Naiman, asisten professor yang berasal dari University of Arizona, semakin kurang tidur, maka kita akan semakin jarang bermimpi. Hal ini disebabkan oleh tubuh yang tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup sehingga semua tahapan yang bisa membuat seseorang tidur lebih dalam dan akhirnya mendapatkan mimpi pun tidak akan terjadi.

Naiman menyarankan, agar kita mulai memperhatikan kembali kebiasaan tidur kita dalam beberapa waktu terakhir. Ada baiknya kita menata kembali kebiasaan tidur kita agar tidur dengan cukup setiap malamnya.

Bagi sebagian orang yang mengalami depresi atau masalah kejiwaan lainnya sehingga mengalami susah tidur atau insomnia, ada baiknya mereka segera memeriksakan kondisi kesehatan jiwa mereka agar bisa kembali menikmati kehidupan sekaligus menurunkan resiko terkena berbagai penyakit berbahaya. []

 

Sumber: Dokter Sehat

 


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Bahaya Menelepon Saat Hujan, Wajib Tahu

Jadi berhati-hatilah menelepon di saat hujan apalagi disertai dengan petir. Bisa-bisa Anda kehilangan nyawa karena hal sepele tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *