Unik, Informatif , Inspiratif

Tidak Bisa Atur Waktu? Coba Management Waktu Ala Rasulullah

0

Perubahan dalam hidup kita bukanlah orang lain yang mengaturnya, tapi justru itu tugas kita sendirilah. Semuanya dimulai dari bagaimana cara belajar mengelola dan mengatur waktu yang dimiliki dengan baik, efisien dan efektif.

Tidak sedikit orang yang menyia-nyiakan waktunya untuk hal yang tidak penting. Padahal management dapat mempengaruhi kualitas hidup seseorang.

BACA JUGA: Jangan Sia-siakan Waktu, Akibat Shalat Tidak Sah

Ibnul Qayyim Al-Jauziyah rahimahullah berkata,

إضاعةُ الوقت أشدُّ من الموت ؛ لأنَّ إضاعة الوقت تقطعك عن الله والدار الآخرة، والموتُ يقطعك عن الدنيا وأهلها

“Menyia-nyiakan waktu lebih berbahaya dari kematian, karena menyia-nyiakan waktu akan memutuskanmu dari Allah dan negeri akhirat, sedangkan kematian hanya memutuskan dirimu dari dunia dan penduduknya”. [Al-Fawaid hal 44]

Hendaknya waktu yang ada digunakan untuk kepentingan yang membawa pada kebaikan dan mengundang ridho-nya Allah. Tujuan yang akan dicapai dalam penggunaan waktu pun haruslah jelas manfaatnya.

“Orang yang berakal dan dapat mengendalikan akalnya, seharusnya memiliki empat waktu: pertama, waktu untuk bermunajat kepada Tuhannya. Kedua raktu untuk mengintropeksi diri. Ketiga, waktu untuk memikirkan ciptaan Allah. Keempat, waktu untuk memenuhi kebutuhan jasmani seperti makan dan minum.” (HR. Ibnu Hibban)

BACA JUGA: Muslim Wajib Tahu, Inilah 12 Waktu Terbaik untuk Bershalawat kepada Nabi Muhammad

Dari hadits di atas, setidaknya kita dapat mengambil kesimpulan bahwa dalam hidup ini, kita selaku manusia—makhluk berakal harus dapat mengendalikan diri untuk empat waktu:

  1. Waktu untuk bermunajat kepada Allah s.w.t
  2. Ada waktu untuk mengintrospeksi diri
  3. Waktu untuk bertafakkur atau memikirkan ciptaan Allah
  4. Pun begitu dengan waktu memenuhi kebutuhan jasmani, seperti makan dan minum. []

Sumber: Persiapan Menghadapi Hari Esok, Oleh H.M Syureich


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Kamu Sedang Offline