Unik, Informatif , Inspiratif

Tidak Pernah Dijajah, Ini Kondisi 11 Negara di Dunia

0 24

Indonesia dahulu pernah menjadi mnegara jajahan Portugis, Spanyol, Belanda, dan Jepang. Penjajahan didasari karena kekayaan alam Indonesia yang melimpah.

Negara-negara itu sangat menginginkan Tanah Air kita, terutama Belanda yang menjajah Indonesia selama lebih dari 350 tahun.

Berkat jasa para pahlawan yang rela mengorbankan nyawanya, kita akhirnya bisa merasakan kemerdekaan. Tepatnya pada 17 Agustus 1945, setelah sebelumnya dijajah Jepang, Indonesia memproklamirkan kemerdekaan.

Bicara soal negara jajahan, negara super power seperti Amerika Serikat juga tak luput dari penjajahan. Dulu Amerika sempat dijajah oleh Inggris.

Walau demikian, tak semua negara pernah dijajah. Ternyata ada beberapa negara yang tidak pernah dijajah sama sekali dalam catatan sejarahnya.

Apa alasannya dan bagaimana mereka kini? Dilansir dari thevocket.com, berikut beberapa negara yang tidak pernah dijajah.

1. China

China juga tidak pernah dijajah oleh negara lain, kecuali Hong Kong dan Makau. Pada abad ke-19, China masuk dalam perjanjian perdagangan dengan negara-negara barat, seperti Inggris, Prancis, Jerman, Rusia dan bahkan Amerika. Mungkin karena aturan-aturan tertentu, China menjadi negara yang tidak pernah dijajah.

2. Arab Saudi

Negara yang terkenal sebagai tempat kelahiran Nabi Muhammad SAW serta tumbuh dan berkembangnya agama Islam ini ternyata tidak pernah dijajah oleh negara-negara Eropa atau negara lainnya. Mungkin hal itu dikarenakan negara ini sebagian besar wilayahnya terdiri dari gurun tandus.

3. Ethiopia

Negara yang terletak di kawasan Benua Afrika ini merupakan negara dengan populasi terbesar ke-2 di Afrika.

Ethiopia adalah salah satu negara yang tidak pernah merasa kejamnya masa penjajahan. Ketika bangsa Eropa menjajah benua Afrika dari tahun 1880 sampai 1914, sekitar 90% benua Afrika telah dikuasai oleh Eropa. Namun, Ethiopia tetap mampu mempertahankan kedaulatan penuhnya.

Ada juga yang berpendapat bahwa Ethiopia benar-benar dijajah oleh orang Italia dari tahun 1936 sampai 1941, namun masalah ini masih dipertanyakan karena belum ada bukti kuat untuk menanggapi anggapan tersebut.

4. Bhutan

Bhutan termasuk salah satu negara yang sulit berkembang karena daerahnya yang cukup terisolir. Negara ini terletak di dekat gunung Himalaya yang otomatis menjadikannya daerah yang sulit untuk diserang.

Sepanjang tahun 1772 sampai 1774, pasukan Inggris mencoba untuk menyerang dan mengendalikan beberapa wilayah di Bhutan. Namun berakhir damai dengan negosiasi dan pembayaran 5 ekor kuda.

5. Nepal

Nepal termasuk salah satu negara Asia yang belum pernah dijajah. Negara yang didirikan pada tanggal 21 Desember 1768 ini berbatasan langsung dengan Cina di utara dan India di timur. Nepal adalah negara yang menerapkan sistem kerajaan di pemerintahannya.

Raja pertamanya adalah Prithvi Narayan Shah. Dalam sebuah laman resmi dikatakan bahwa Nepal yang berada di bawah lindungan Britain tidak pernah dijajah oleh bangsa lain di dunia. Namun dalam beberapa buku sejarah yang tersebar di dunia menyebutkan berbagai macam opini mengenai kepenjajahan di Negeri ini.

6. Jepang

Hanya Jepang satu-satunya negara di kawasan Asia yang mampu lolos dari penjajahan negara-negara Barat. Malahan negeri matahari terbit itu berani menyerang kekuatan Barat pada era Perang Dunia II. Karena hal itulah Jepang tidak pernah dijajah oleh negara lain.

7. Islandia

Islandia dulunya adalah negeri yang tidak berpenduduk. Namun pada awal abad ke-9 M datanglah sekumpulan pendeta asal Irlandia yang menempati wilayah tersebut.

Disusul kemudian oleh bangsa viking yang turut menempati kawasan Islandia. Baru pada tahun 930-an M, negara ini membuat sebuah konstitusi mereka yang disebut althing, yaitu sebuah parlemen yang berpusat di kota Þingvellir.

8. Denmark

Kopenhagen adalah Ibu Kota Negara ini. Sistem pemerintahan yang digunakan Negara Denmark adalah Monarki Konstitusional dan Parlementer. Denmark merupakan negara pendiri dari OECD dan Nato dan sekarang negara ini menjadi anggota dari OSCE. Siapa yang menyangka negara yang sangat kecil dan terpencil seperti Denmark ini ternyata belum sekalipun terjajah oleh bangsa lain.

9. Norwegia

Norwegia merupakan Negara Kerajaan yang terletak di semenanjung Skandinavia di ujung barat yang berbatasan dengan Finlandia, Rusia, dan Swedia. Negara Nordik ini memiliki pantai di Samudra Atlantik Utara yang sangat terkenal. Di bawah kedaulatan yang dimiliki Norwegia terdapat Jan Mayen dan Svalbard menurut traktat Svalbard.

10. Yunani

Negara ini terkenal dengan dewa-dewa dan tokoh dunianya. Negara dengan ibu kota di Athena itu juga termasuk ke dalam negara yang tidak rernah dijajah oleh negara lain. Walau demikian dalam sejarahnya, Negara Dewa-Dewi ini juga pernah masuk ke dalam kawasan Turki Usmani.

Thailand merupakan negara satu-satunya di Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah oleh kekuatan barat. Hal itu dikarenakan pemerintah Thailand sudah membuka diri terhadap negara-negara asing. Di sisi lain, negara ini memiliki tanah yang tidak subur, sehingga negara penjajah tidak tertarik dengan negara ini. []

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline