Foto: w-dog.net

Tidak Puas dengan Fisik Sendiri? Bisa Jadi Anda Derita Penyakit Ini

Bagaimanapun bentuknya, fisik yang ada pada diri kita patut disyukuri. Toh yang akan dinilai oleh Sang Pencipta adalah kadar iman dan takwanya.

Namun banyak orang yang merasa tidak puas dengan kondisi fisik dirinya sendiri. Bahkan sebagian ada yang sampai depresi karena hal ini. Obsesi berlebihan ini dinamakan Body Dysmorphic Disorder (BDD).

Dikutip dari International business Times, BDD merupakan suatu kesibukan mengurusi cacat atau kekurangan dalam hal penampilan. Dia merasa jika kekurangan itu hanya terjadi pada dirinya sendiri. Hal ini mengakibatkan seseorang yang menderita BDD cenderung mengubah penampilannya, seperti mengubah warna rambut, memakai make-up terlalu banyak, terus-menerus memeriksa penampilan di cermin, membandingkan penampilan fisik dirinya dengan yang lain, dan lain sebagainya.

Penderita BDD kerap meminta perhatian dan pengakuan. Mereka akan terus-menerus mengkhawatirkan penampilan diri mereka yang akhirnya menghambat pekerjaan dan rutinitas sehari-hari.

Jika kamu mengalami tanda-tanda seperti di atas bisa jadi mengidap BDD, tapi bisa jadi itu tidak ada kaitannya dengan gangguan tersebut. Cara paling dianjurkan adalah melakukan konsultasi medis kepada dokter. Dampak yang ditimbulkan BDD antara lain adalah gangguan kesehatan mental seperti kecemasan, depresi, gangguan makan, dan hingga Obsesif Kompulsif Disorder.

BDD umumnya dialami mereka yang ada di usia akhir masa remaja (16-18 tahun). Namun, gejala BDD bisa menyerang mereka yang berusia lebih dini antara 12-14 tahun.

Penanganan BDD tidak bisa sekejap atau sembuh tiba-tiba. Butuh komitmen si pengidap dan bimbingan lingkungan sekitar untuk mengatasinya. []


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *